PDAM Sawahlunto Tingkatkan Pelayanan di Tengah Banyaknya Tunggakan Pelanggan

PDAM Sawahlunto Tingkatkan Pelayanan di Tengah Banyaknya Tunggakan Pelanggan

TOPSUMBAR – Direktur Utama PDAM Sawahlunto, Julmardizon, ST, berupaya keras memperbaiki kualitas layanan air bersih yang selama ini dikeluhkan masyarakat.

Sebelumnya, banyak pelanggan menghadapi masalah suplai air yang sering macet, bahkan sempat menggelar aksi protes akibat buruknya pelayanan.

Namun, kondisi tersebut mulai membaik di bawah kepemimpinan Julmardizon. Dalam lima bulan terakhir, PDAM Sawahlunto menunjukkan perkembangan positif, dengan suplai air yang lebih lancar, meskipun masih terbatas dalam debit dan jam operasional.

Bacaan Lainnya

Julmardizon menjelaskan bahwa tantangan utamanya adalah kondisi pompa yang sudah tua, seperti yang berada di Desa Rantih.

“Pompa tersebut sudah diperbaiki dan dapat beroperasi kembali meskipun belum maksimal,” ujarnya saat ditemui di kantor PDAM Kayu Gadang pada Selasa, 3 Desember 2024.

Dikatakannya, saat ini PDAM telah melayani 9.116 pelanggan dengan distribusi air empat kali seminggu, masing-masing selama empat jam.

“Alhamdulillah, kami telah melayani sekitar 1.700 pelanggan di Kayu Gadang dan sekitarnya meski hanya dua jam sehari, sementara idealnya empat hingga enam jam,” jelas Julmardizon.

Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat untuk dapat menggunakan air secara efisien.

“Kami mengimbau masyarakat agar dapat menggunakan air secara efisien, dan tidak boros,” ajaknya.

Untuk meningkatkan layanan, PDAM membutuhkan tambahan dua unit pompa beserta panel dan trafo, dengan perkiraan anggaran sekitar Rp 5-6 miliar.

Sementara itu, di Kecamatan Talawi, layanan sudah mencapai 96%, sedangkan di Kecamatan Barangin sekitar 90%.

Di Santur, distribusi air meningkat dari dua menjadi empat kali seminggu. Sedangkan di Lembah Segar, suplai air sudah tersedia setiap hari, meski beberapa titik seperti Kubang Sirakuk Atas masih mengalami sistem bergilir.

Terkait tunggakan pelanggan yang mencapai Rp 2 miliar, Julmardizon berharap pelanggan dapat melunasinya secara bertahap.

“Kami harap pelanggan yang tidak mampu melunasi langsung dapat mencicil. Ini penting demi kelancaran operasional dan distribusi air bersih,” tutupnya.

(ROL)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait