TOPSUMBAR – Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) turut meramaikan Padang Panjang Festival (Papa Fest) 2024 yang digelar di Kawasan Sport Center.
Acara ini menjadi momentum berharga bagi sekitar 50 stand UMKM untuk memperkenalkan dan memasarkan produk unggulan mereka. Festival ini dijadwalkan berlangsung hingga 10 Desember 2024.
Beragam produk lokal ditampilkan, mulai dari makanan khas, kerajinan tangan, pakaian, hingga produk lokal unggulan seperti Batik Asasi, Eikora, Asrat Batik, Ema Art, Songket Banang Sauleh, Simply Cafe, Nelly Cake, Rumah Susu Amandeh, hingga Paparol.
Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Perdakop UKM) Padang Panjang, Javie Carter Eka Putra, MT, menekankan bahwa keikutsertaan UMKM di Papa Fest memberikan peluang besar bagi mereka untuk meningkatkan eksposur produk.
“Kami menyediakan stand gratis, baik indoor maupun outdoor, sebagai bentuk dukungan kepada pelaku usaha lokal. Harapannya, Papa Fest dapat menjadi platform untuk memperkuat perekonomian daerah dan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap produk lokal,” ujar Javie dikutip dari laman kominfo Padang Panjang pada Selasa, 3 Desember 2024.
Javie berharap partisipasi UMKM di festival ini bisa menjadi pemicu berkembangnya usaha kecil di Padang Panjang.
“Semoga dengan adanya acara ini, UMKM lokal dapat semakin maju dan mendapat perhatian lebih luas dari masyarakat,” tambahnya.
Salah satu peserta, Riza, pemilik stand Batik Maskotik, mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan berpartisipasi di Papa Fest 2024.
“Ini ajang yang sangat baik untuk memperkenalkan produk kami. Semoga ke depannya acara ini bisa digelar dengan skala yang lebih besar lagi. Apalagi, fasilitas stand diberikan secara gratis,” kata Riza dengan antusias.
(AL)