Lagi, Perumda AM Padang Raih Empat Penghargaan TOP Digital Awards 2024

Lagi, Perumda AM Kota Padang Raih Empat Penghargaan TOP Digital Awards 2024
Lagi, Perumda AM Kota Padang Raih Empat Penghargaan TOP Digital Awards 2024

TOPSUMBAR – Perumda Air Minum (AM) Kota Padang kembali mengukir prestasi di kancah nasional dengan meraih empat penghargaan pada ajang TOP Digital Awards 2024.

Penghargaan ini diumumkan dalam acara puncak yang berlangsung di Raffles Hotel, Jakarta, Kamis (5/12/2024).

Empat penghargaan yang diraih Perumda AM Kota Padang tersebut yakni, Top Digital Implementation 2024 # Level Stars 5, Top Leader on Digital Implementation 2024 yang diraih oleh Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang Hendra Pebrizal.

Bacaan Lainnya

Kemudian, Top CIO on Digital Implementation 2024 untuk Direktur Teknik Andri Satria, serta Top Stakeholder on Digital Implementation 2024 yang diberikan kepada Pj Wali Kota Padang Andree Harmadi Algamar.

Menurut dewan juri, penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas inovasi dan kreativitas Perumda AM Kota Padang dalam menerapkan transformasi digital, yang terbukti dapat memberikan dampak signifikan baik secara internal maupun kepada pelanggan.

“Penghargaan ini menunjukkan bahwa transformasi digital yang telah kami lakukan berhasil memberikan dampak nyata,” ujar Hendra Pebrizal usai menerima penghargaan.

Hendra menjelaskan bahwa transformasi digital telah diterapkan di berbagai aspek, mulai dari sistem manajemen, pengelolaan sumber daya manusia, hingga layanan pelanggan.

Beberapa inovasi andalan perusahaan ini meliputi aplikasi seperti MBR, PDAM Official/E-Office, Sistem Informasi Manajemen (SIM), Supervisory and Data Acquisition (SCADA), serta aplikasi berbasis Android dan iOS untuk memudahkan pelanggan mengakses layanan dan informasi terkait air minum.

“Salah satu inovasi unggulan yang baru dikembangkan adalah aplikasi ‘Kaba AIA’, yang memungkinkan pelanggan memantau tagihan, melaporkan keluhan, hingga melakukan pembayaran secara daring. Aplikasi ini dikembangkan secara internal dan telah diimplementasikan sejak 2022,” jelasnya.

Selain itu, dalam pengelolaan SDM, Perumda AM Kota Padang telah mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMAK) untuk mendukung efisiensi dan akurasi pengelolaan data pegawai.

“Secara umum, kami telah memiliki IT Master Plan yang menjadi panduan utama dalam pengembangan teknologi informasi dan digitalisasi di perusahaan, termasuk pengelolaan data center serta penerapan sistem keamanan IT (IT security),” tambahnya.

Transformasi digital ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional perusahaan tetapi juga berdampak pada peningkatan pendapatan dan laba.

Pada 2023, Perumda AM Kota Padang mencatat skor Good Corporate Governance sebesar 81,32 dengan predikat Baik, dan mampu menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang senilai Rp4,5 miliar, naik dari tahun sebelumnya.

Selain itu, perusahaan juga telah meningkatkan kualitas layanan melalui laboratorium pengujian air yang telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Akreditasi ini memastikan mutu air yang dihasilkan sesuai standar nasional, termasuk pengembangan layanan air siap minum di beberapa fasilitas umum.

Dengan menjaga standar kualitas air yang semakin baik, Perumda AM Kota Padang berhasil menyediakan Spot Air Siap Minum di sejumlah lokasi strategis.

Beberapa tempat yang telah menikmati layanan ini, antara lain Rumah Sakit DR M Djamil Padang, Rumah Sakit Umum Daerah, dan Kantor Balai Kota Padang.

Ke depan, fasilitas serupa akan terus dikembangkan di berbagai fasilitas umum lainnya.

Sementara itu, untuk memastikan kualitas layanan pelanggan, Perumda Air Minum Kota Padang juga melakukan Survei Kepuasan Pelanggan (SKP).

Berdasarkan hasil survei tersebut, mutu pelayanan mendapatkan skor 80,00 dengan kategori B, yang menunjukkan kinerja berada dalam klasifikasi baik.

“Kami terus berupaya meningkatkan pemenuhan kebutuhan air bersih secara bertahap,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa langkah-langkah tersebut mencakup penambahan kapasitas produksi di instalasi pengolahan air serta pembaruan dan penggantian jaringan pipa distribusi yang sudah usang.

“Peremajaan ini juga menjadi solusi untuk mengatasi kendala debit air yang diterima pelanggan. Komitmen kami adalah terus meningkatkan akses air bersih bagi masyarakat Kota Padang sekaligus memastikan kualitas layanan pelanggan tetap terjaga dengan baik,” tutup Hendra.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait