TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menegaskan pentingnya pengawasan, evaluasi, dan inovasi berkelanjutan untuk memastikan layanan air minum dan air bersih berkualitas dapat diakses oleh seluruh masyarakat.
Hal ini disampaikan dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Perumda Air Minum Kota Padang yang digelar di Hotel Truntum Padang, Senin (30/12/2024).
Mahyeldi menilai tema peringatan tahun emas Perumda Air Minum, “Bersinergi dan Berkarya Bersama Pelanggan,” sangat relevan.
Ia menyatakan bahwa keberhasilan perusahaan dalam memberikan pelayanan sangat bergantung pada tingkat kepuasan pelanggan.
“Perumda Air Minum harus terus melakukan pemantauan terhadap layanan yang diberikan. Evaluasi atas capaian yang sudah diraih juga perlu dilakukan, disertai inovasi agar kualitas pelayanan terus meningkat. Kepuasan pelanggan harus menjadi prioritas utama,” ujar Mahyeldi.
Mahyeldi juga mengingatkan bahwa perubahan nama dari PDAM menjadi Perumda Air Minum Kota Padang menekankan komitmen penyediaan air minum berkualitas, bukan sekadar air bersih.
Ia pun mengapresiasi jangkauan layanan perusahaan yang kini telah mencapai 98 persen penduduk Kota Padang, seraya mendorong agar target 100 persen segera tercapai.
“Ini merupakan capaian yang luar biasa, tetapi kita tidak boleh berhenti di sini. Seluruh warga Kota Padang harus dapat menikmati layanan air minum dan air bersih yang berkualitas,” tambah Mahyeldi.
Sementara itu, Pj Wali Kota Padang, Andree H. Algamar, menyoroti pentingnya inovasi dalam upaya meningkatkan kualitas dan cakupan layanan.
Menurutnya, inovasi yang berkelanjutan akan berkontribusi pada peningkatan dividen perusahaan yang saat ini telah mencapai Rp5,1 miliar.
“Melalui inovasi, kita dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan, sekaligus meningkatkan kontribusi Perumda Air Minum bagi pendapatan daerah,” ujar Andree.
Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang, Hendra Pebrizal, dalam laporannya, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung capaian perusahaan hingga usia ke-50 tahun ini.
Menurutnya, penghargaan bintang lima yang baru saja diterima perusahaan merupakan bukti pengakuan atas komitmen mereka dalam memberikan pelayanan terbaik.
“Usia emas ini menjadi momentum penting bagi kami untuk terus berinovasi. Target kami tahun ini adalah mencapai penagihan 100 persen dari pelanggan, sehingga keberlanjutan layanan semakin terjamin,” jelas Hendra.
(adpsb/isq)
Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Facebook Topsumbar News Update, caranya klik link https://facebook.com/updatetopmedia kemudian ikuti. Anda harus instal aplikasi Facebook terlebih dulu di ponsel