Webinar Kemkominfo di Pesisir Selatan, Ajak Pelajar Kreatif dan Aman di Dunia Digital

Webinar Kemkominfo di Pesisir Selatan, Ajak Pelajar Kreatif dan Aman di Dunia Digital

TOPSUMBAR – Pemanfaatan internet secara positif, kreatif, dan aman diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama di kalangan siswa.

Untuk mewujudkan hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat akan menggelar webinar literasi digital pada Selasa, 8 Oktober 2024, pukul 09.00 WIB.

Acara ini bertujuan untuk mengedukasi siswa serta tenaga pendidik di Kabupaten Pesisir Selatan agar lebih cakap dalam memanfaatkan teknologi digital.

Bacaan Lainnya

Webinar bertema “Positif, Kreatif, dan Aman di Internet” ini akan diikuti oleh pelajar dan pendidik melalui sesi nonton bareng di sekolah masing-masing.

Tiga narasumber yang akan hadir dalam diskusi tersebut yakni, Muslim Arif (Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Pesisir Selatan), Femikhirana Widjaja (Manajer Marketing Compass Publishing), dan Septa Dinata (Dosen Tetap Sosiologi Universitas Paramadina Jakarta), dengan Firdha sebagai moderator.

“Kami berharap melalui webinar ini, siswa dapat lebih memahami cara memanfaatkan internet secara positif, kreatif, dan aman,” ujar Kemkominfo dalam siaran persnya pada Senin (7/10/2024).

Dalam rilisnya kepada awak media, Kemkominfo juga mengingatkan pentingnya menjaga privasi, keamanan kata sandi, serta berhati-hati terhadap permintaan kode One Time Password (OTP) yang sering menjadi celah keamanan di dunia digital.

Selain itu, diimbau agar pengguna internet waspada terhadap konten negatif, seperti pornografi, dan selalu berhati-hati dalam membagikan tautan atau informasi di media sosial.

Webinar ini adalah bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD), yang merupakan upaya Kemkominfo untuk mempercepat transformasi digital di berbagai sektor, termasuk pendidikan.
Program GNLD telah diikuti oleh 24,6 juta peserta hingga akhir 2023, dengan target mencakup 50 juta masyarakat Indonesia pada akhir 2024.

Melalui program literasi digital ini, diharapkan masyarakat semakin cakap dalam memanfaatkan teknologi digital secara produktif dan aman.

Berdasarkan survei terbaru Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia pada 2024 mencapai 221,5 juta orang, dengan tingkat penetrasi internet sebesar 79,5 persen.

Untuk informasi lebih lanjut tentang literasi digital, masyarakat dapat mengunjungi laman resmi di info.literasidigital.id atau media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page, dan YouTube Literasi Digital Kominfo.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait