Usai Dilantik sebagai Mendikdasmen, Abdul Mu’ti Tinjau Ulang Kebijakan Kurikulum Merdeka hingga Sistem Ujian Nasional

Usai Dilantik sebagai Mendikdasmen, Abdul Mu'ti Tinjau Ulang Kebijakan Kurikulum Merdeka hingga Sistem Ujian Nasional

TOPSUMBAR – Abdul Mu’ti, baru saja dilantik sebagai Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) dalam Kabinet Merah Putih yang dipimpin oleh Presiden ke-8 Republik Indonesia (RI), Prabowo Subianto.

Dilansir dari detik, usai dilantik pada Senin, 21 Oktober 2024, Abdul Mu’ti menyampaikan niatnya untuk kembali meninjau ulang sejumlah kebijakan penting terkait dunia pendidikan di Indonesia.

Menurutnya, setiap kebijakan selalu menimbulkan pro dan kontra, oleh karena itu perlu dilakukan kajian menyeluruh untuk memastikan kebijakan tersebut tepat.

Bacaan Lainnya

Ia menegaskan, bahwa pihaknya tidak akan terburu-buru dalam mengambil keputusan.

“Kami akan mendengarkan masukan dari berbagai pihak, baik dari pemerintah daerah, penyelenggara pendidikan, maupun masyarakat umum. Semua aspirasi ini penting bagi kami,” jelas Abdul Mu’ti dikutip pada Selasa, 22 Oktober 2024.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum PP Muhammadiyah ini mengatakan bahwa pendekatan berbasis aspirasi publik menjadi kunci kebijakannya.

Ia berjanji untuk lebih banyak mendengar dibandingkan berbicara dalam menentukan arah kebijakan pendidikan di masa mendatang.

Selain itu, ia juga menyatakan bahwa kurikulum Merdeka Belajar merupakan suatu hal yang masih baru dan belum sepenuhnya diimplementasikan oleh seluruh satuan pendidikan.

Menurutnya, evaluasi terhadap kurikulum ini dinilai penting karena pelaksanaannya masih menghadapi tantangan.

“Kami tidak ingin terburu-buru dalam mengambil kebijakan. Ada banyak polemik yang masih berkembang di masyarakat terkait kurikulum Merdeka,” ujarnya.

Terkait ujian nasional, Abdul Mu’ti mengatakan bahwa keputusan akan diambil setelah mendengarkan pandangan para ahli, masyarakat penyelenggara pendidikan, serta pengguna layanan pendidikan.

Ia menegaskan pentingnya kebijakan yang tidak hanya sesuai dengan aspirasi masyarakat, tetapi juga selaras dengan program Presiden Prabowo dan Wakil Presiden terpilih.

“Kami ingin memastikan bahwa kebijakan Kemendikdasmen sejalan dengan harapan masyarakat dan program prioritas Presiden,” pungkasnya.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait