Rakor TPPS Dibuka, Asisten I Rudi Rahmad: Target Penurunan Stunting 14% Tahun 2024 Harus Kita Capai

Rakor TPPS Dibuka, Asisten I Rudi Rahmad : Target Penurunan Stunting 14% Tahun 2024 Harus Kita Capai

TOPSUMBAR – Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Rudi Rahmad, mewakili Bupati Padang Pariaman, secara resmi membuka Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) tahun 2024 yang diselenggarakan di Aula Bapelitbangda pada Senin, 7 Oktober 2024.

Dalam sambutannya, Rudi Rahmad menekankan pentingnya rapat koordinasi tersebut sebagai momen untuk memperkuat komitmen dan menyelaraskan langkah strategis seluruh pihak terkait dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Padang Pariaman.

“Rapat koordinasi TPPS ini merupakan kesempatan bagi kita semua untuk bersatu dalam upaya mempercepat penurunan stunting di Padang Pariaman,” ujar Rudi.

Ia menambahkan bahwa stunting adalah masalah mendasar yang menghambat peningkatan kualitas sumber daya manusia, sehingga penanganannya memerlukan kerja sama yang berkelanjutan dan menyeluruh.

Rudi juga mengajak seluruh anggota TPPS untuk bekerja keras dan menjaga komitmen dalam mencapai target penurunan stunting sebesar 14% pada tahun 2024.

“Dengan kerja keras dan sinergi dari semua pihak, saya yakin kita bisa menciptakan generasi yang lebih sehat dan cerdas, serta mencapai target 14%,” tambahnya.

Ia berharap hasil dari rapat koordinasi ini dapat menghasilkan laporan yang akan digunakan sebagai bahan evaluasi tim untuk terus bergerak bersama dalam mencapai tujuan tersebut.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas kerja sama dari semua pihak, yang telah memungkinkan penurunan angka stunting secara signifikan di Padang Pariaman,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB), Elfi Delita, melaporkan bahwa prevalensi stunting di Padang Pariaman telah mengalami penurunan signifikan.

Berdasarkan data Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, angka stunting menurun dari 25% pada tahun 2022 menjadi 19,4% pada tahun 2023, dengan penurunan sebesar 5,6%.

“Penurunan ini menempatkan Padang Pariaman di posisi empat besar terbaik di Provinsi Sumatera Barat. Padang Pariaman juga menjadi satu dari lima kabupaten/kota yang konsisten menurunkan angka stunting selama tiga tahun berturut-turut,” ujar Elfi.

Meskipun demikian, Elfi menegaskan bahwa angka ini masih jauh dari target nasional, sehingga diperlukan upaya lebih keras dan kerja sama lintas sektor untuk menurunkan angka stunting lebih lanjut di Padang Pariaman.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait