PMI Bukittinggi Galakkan Kepedulian Sosial Lewat Sosialisasi dan Donor Darah di SMA Negeri 5

PMI Bukittinggi Galakkan Kepedulian Sosial Lewat Sosialisasi dan Donor Darah di SMA Negeri 5

TOPSUMBAR – Palang Merah Indonesia (PMI) Bukittinggi menyelenggarakan kegiatan sosialisasi di SMA Negeri 5 Bukittinggi untuk memperkenalkan peran dan fungsi PMI kepada siswa, serta mendorong kepedulian sosial melalui donor darah.

Ketua PMI Bukittinggi, Chairunas, hadir langsung memimpin acara yang dilaksanakan pada Jumat, 25 Oktober 2024.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, PMI Bukittinggi memperkenalkan dua unit utama mereka yakni, Unit Donor Darah (UDD), yang fokus pada penyediaan layanan donor darah.

Bacaan Lainnya

Kemudian, Unit Markas yang bergerak di bidang pelayanan kebencanaan, termasuk ambulans gratis dan layanan ambulans jenazah bagi masyarakat yang membutuhkan.

Dijelaskan Chairunas, kegiatan ini memberikan manfaat besar tidak hanya bagi siswa secara individu, tetapi juga bagi masyarakat secara umum.

“Kegiatan donor darah adalah salah satu bukti nyata kepedulian terhadap sesama. Setelah sosialisasi, kami langsung melaksanakan kegiatan donor darah sebagai bagian dari kerja sama yang telah terjalin selama empat tahun antara PMI Bukittinggi dan SMA Negeri 5 melalui Memorandum of Understanding (MoU),” ujar Chairunas.

Chairunas mengungkap bahwa, Kerja sama ini mencakup lebih dari sekadar kegiatan donor darah, karena PMI juga memberikan pelatihan bagi anggota Palang Merah Remaja (PMR) di SMA Negeri 5.

Sementara, pelatihan ini meliputi keterampilan terkait kepedulian sosial dan penanganan kebencanaan, dan dijadwalkan sesuai kesepakatan antara PMI dan pihak sekolah.

Pada saat terjadi bencana, para anggota PMR juga turut berpartisipasi dalam kegiatan penanggulangan bersama PMI.

Mengakhiri arahannya, Chairunas turut menyampaikan apresiasinya kepada sekolah atas dukungan yang berkelanjutan tersebut.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak sekolah yang mendorong dan mendukung siswa untuk aktif dalam kegiatan sosial dan berkontribusi bagi masyarakat,” pungkasnya.

Melalui kegiatan ini, PMI Bukittinggi berharap dapat menginspirasi lebih banyak siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan sosial, memperkuat rasa solidaritas, serta berkontribusi bagi ketersediaan darah yang sangat dibutuhkan.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait