Plt Gubernur Sumbar Hadiri Livestock Expo 2024, Dorong Kemandirian Ekonomi dan Inovasi UMKM Lokal

Plt Gubernur Sumbar Hadiri Livestock Expo 2024, Dorong Kemandirian Ekonomi dan Inovasi UMKM Lokal

TOPSUMBAR – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy, menyoroti peran penting sektor peternakan dalam mendukung kebutuhan pangan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat saat membuka acara Kontes Ternak dan Livestock Expo 2024 di Pasar Ternak Kota Payakumbuh, Selasa (22/10/2024).

Audy menyampaikan bahwa peningkatan kualitas serta produktivitas sektor peternakan, termasuk penyelenggaraan pameran, berperan krusial dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang positif di wilayah Sumbar.

“Inovasi yang berkesinambungan sangat diperlukan untuk memastikan sektor peternakan dapat berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Audy.

Bacaan Lainnya

Ia juga menekankan perlunya kolaborasi antar sektor dalam mengatasi berbagai tantangan, mulai dari perubahan iklim hingga perdagangan.

Menurutnya, adopsi teknologi dan praktik terbaik di bidang peternakan, seperti seleksi bibit unggul, manajemen pakan yang efisien, serta penerapan strategi kesehatan hewan yang tepat, akan membantu meningkatkan produktivitas.

“Kita juga perlu meningkatkan kualitas produk peternakan seperti daging, susu, dan telur dengan cara yang lebih profesional dan berstandar tinggi agar sektor ini bisa dikelola secara lebih efisien dan berkelanjutan,” tambah Audy.

Livestock Expo 2024 juga menjadi ajang untuk mempromosikan bibit unggul, produk olahan bersertifikat, serta pelayanan kesehatan hewan bagi masyarakat.

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi para peternak dan pelaku usaha peternakan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat serta ketahanan pangan di Sumbar.

Plt. Asisten II Wali Kota Payakumbuh, Wal Asri, yang mewakili Penjabat Wali Kota, juga turut menyoroti pentingnya acara ini sebagai wadah kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam menggali potensi lokal.

“Kami juga memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk ikut serta, guna menggerakkan ekonomi kerakyatan di Payakumbuh,” ujarnya.

Ia berharap inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh UMKM lokal dapat meningkatkan daya saing produk mereka, tidak hanya di tingkat provinsi, tetapi juga secara nasional.

“Kami mendukung pelaku usaha untuk terus berkembang dan memperkenalkan produk unggulannya,” harap Wal Asri.

Kontes Ternak dan Livestock Expo 2024 dihadiri sejumlah pejabat daerah, termasuk Penjabat Bupati Limapuluh Kota, serta tamu undangan lainnya.

(adpsb/nov)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait