Plt Gubernur Sumbar Buka MTQ ke-41 Pessel, Dorong Lahirnya Generasi Qur’ani untuk Sumbar Madani

Plt Gubernur Sumbar Buka MTQ ke-41 Pessel, Dorong Lahirnya Generasi Qur'ani untuk Sumbar Madani

TOPSUMBAR – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional tingkat Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) ke-41 di Lapangan Gadih Basanai, Kecamatan Sutera, Senin (21/10/2024).

Audy menekankan bahwa MTQ tidak hanya ajang kompetisi, tetapi juga menjadi momentum untuk melahirkan generasi Qur’ani yang berperan dalam mewujudkan Sumbar yang madani.

“MTQ bukan hanya perlombaan membaca Al-Qur’an, tetapi juga sarana untuk mendalami, memahami, dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an. Ini adalah langkah penting menuju terwujudnya generasi Qur’ani yang akan berperan besar dalam pembangunan daerah,” ujar Audy dalam sambutannya.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Audy menambahkan bahwa kegiatan ini juga menjadi media mempererat silaturrahim dan ukhuwah Islamiyah serta menguatkan iman dengan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.

Menurutnya, generasi Qur’ani yang unggul ini nantinya akan memainkan peran penting dalam membangun Pesisir Selatan dan Sumatera Barat pada umumnya.

“Selain mencetak generasi Qur’ani, MTQ juga menjadi bagian dari program unggulan Pemprov Sumbar, yaitu 1 Nagari 1 Imam 1 Hafiz. Kami harap semua pihak mendukung penuh program ini demi mewujudkan Sumbar yang lebih religius dan berdaya,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Audy mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Pessel dan panitia penyelenggara yang berhasil menggelar MTQ dengan baik.

Ia juga memberikan motivasi kepada para peserta kafilah agar berkompetisi dengan penuh semangat dan sportivitas, serta memberikan hasil terbaik.

Sementara itu, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Pessel, Erasukma Munaf, dalam sambutannya menegaskan bahwa MTQ adalah simbol kekuatan umat Islam dan berperan sebagai media syiar dan dakwah.

Selain itu, MTQ juga dianggap sebagai sarana penting untuk membangun moral dan akhlak masyarakat.

“Kami berharap seluruh peserta kafilah dapat menunjukkan kemampuan terbaik mereka selama perlombaan, sehingga dapat mewakili daerah di tingkat provinsi hingga nasional,” tutup Erasukma.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait