Pjs Wali Kota Bukittinggi Tinjau Pelayanan Disdukcapil, Dorong Peningkatan Kualitas Layanan

Pjs Wali Kota Bukittinggi Tinjau Pelayanan Disdukcapil, Dorong Peningkatan Kualitas Layanan

TOPSUMBAR – Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bukittinggi, Hani, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) pada Rabu (9/10/2024) untuk mengevaluasi pelayanan kepada masyarakat.

Kunjungan ini bertujuan memastikan seluruh petugas Disdukcapil memberikan layanan yang mudah, cepat, dan tanpa biaya kepada warga.

Selama kunjungannya, Hani juga memantau perkembangan program perekaman KTP-el untuk pemula serta penambahan hari layanan di Disdukcapil.

Sejak dilantik, Hani telah menginstruksikan agar layanan dibuka hingga hari Sabtu, guna mempercepat proses perekaman KTP-el, terutama untuk mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2024.

Hasil dari upaya peningkatan layanan ini mulai terlihat. Dalam sepuluh hari terakhir, tercatat 308 warga melakukan perekaman KTP-el pemula, terdiri dari 294 pelajar dari sekolah di Bukittinggi dan 14 pelajar dari luar daerah.

Respons positif juga terlihat terhadap program layanan hari Sabtu, yang mengalami peningkatan jumlah pengunjung.

“Alhamdulillah, pelayanan sudah berjalan dengan baik. Program layanan maksimal satu jam juga sudah diterapkan dengan baik. Saya yakin, pelayanan yang optimal akan membuat masyarakat merasa puas. Namun, masih ada beberapa sarana dan prasarana yang perlu diperbaharui, seperti UPS, agar tidak mengganggu kinerja layanan Disdukcapil,” ujar Hani.

Dalam kesempatan tersebut, Hani juga mengingatkan petugas untuk mengarahkan warga agar mengaktifkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP Digital.

Ia menegaskan bahwa ke depan, semua layanan publik di Indonesia akan dapat diakses secara digital, sehingga memudahkan masyarakat.

Dengan langkah-langkah ini, Pemko Bukittinggi terus berupaya meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, baik dari segi kecepatan maupun kenyamanan, untuk mendukung kebutuhan administrasi warga.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait