Pjs Wali Kota Bukittinggi Hadiri Sosialisasi Pengawasan Partisipatif oleh Bawaslu

Pjs Wali Kota Bukittinggi Hadiri Sosialisasi Pengawasan Partisipatif oleh Bawaslu

TOPSUMBAR – Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bukittinggi, Hani Sypoiar Rustam, turut menghadiri acara sosialisasi pengawasan partisipatif yang digelar oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bukittinggi, pada Jumat, 11 Oktober 2024.

Acara yang diadakan di Hotel Rocky ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pelaksanaan pemilu kepala daerah serentak tahun 2024.

Ketua Bawaslu Bukittinggi, Ruzi Haryadi, dalam sambutannya, menekankan pentingnya pengawasan partisipatif guna memastikan pemilu berjalan dengan jujur, adil, dan transparan.

Ia juga mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tetap menjaga netralitas mereka selama berlangsungnya proses pemilihan.

Dalam sambutannya, Hani Sypoiar Rustam mengapresiasi upaya Bawaslu dalam mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam pengawasan pemilu.

Ia menegaskan bahwa pengawasan oleh berbagai elemen masyarakat akan membantu mencegah potensi pelanggaran dan sengketa selama tahapan pemilu.

Lebih lanjut, ia mengajak seluruh warga untuk bersikap proaktif dan mengawal proses demokrasi ini dengan baik.

Sebagai bagian dari komitmen untuk menjaga integritas pemilu, Pemerintah Kota Bukittinggi telah melakukan langkah preventif dengan mendeklarasikan netralitas ASN dan tenaga honorer melalui penandatanganan pakta integritas.

Hal ini menunjukkan komitmen kuat Pemko Bukittinggi dalam mendukung pemilu yang bebas dari intervensi politik.

Di akhir acara, Pjs Wali Kota juga mengimbau masyarakat untuk menghindari penyebaran informasi palsu (hoaks), tidak mudah terprovokasi oleh isu negatif, dan menjaga kerukunan agar persatuan dan kesatuan masyarakat Bukittinggi tetap terjaga.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait