Pjs Bupati Lima Puluh Kota Tinjau Persiapan Pilkada di Kapur IX dan Pangkalan

Pjs Bupati Lima Puluh Kota Tinjau Persiapan Pilkada di Kapur IX dan Pangkalan

TOPSUMBAR – Pjs Bupati Lima Puluh Kota, Ahmad Zakri, melakukan monitoring intensif di Kecamatan Kapur IX dan Pangkalan sebagai bagian dari persiapan Pilkada serentak yang akan digelar pada 27 November mendatang.

Bersama Kepala Kesbangpol Elsiwa Fajri dan Kepala BPBD, Pjs Bupati Zakri berdiskusi dengan para camat, wali nagari, dan pengawas pemilu mengenai keamanan wilayah, suhu politik, dan kesiapan pelaksanaan Pilkada.

Dalam arahannya, Ahmad Zakri menegaskan bahwa sebagai pejabat sementara yang menggantikan bupati definitif yang cuti untuk mengikuti Pilkada, tugas utamanya adalah memastikan kelancaran pemerintahan serta pelayanan publik tetap berjalan optimal.

Ia menambahkan, peran utama Pjs. Bupati juga mencakup menjaga keamanan, memfasilitasi pelaksanaan Pilkada, dan menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Netralitas ASN sangat penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat. Saya minta ASN dan perangkat nagari tidak berpihak dan tetap menjaga profesionalisme serta integritas agar Pilkada berlangsung aman dan damai,” ujarnya.

Selain itu, Pjs Bupati juga mengajak seluruh pihak, termasuk KPU, Bawaslu, Forkopimda, camat, dan wali nagari, untuk berkolaborasi menyukseskan Pilkada serentak.

Ia juga menekankan pentingnya menyelesaikan potensi masalah di tingkat nagari dan meminta KPU agar menempatkan TPS di lokasi strategis yang memudahkan masyarakat untuk memilih.

Camat Pangkalan Koto Baru, Yudi Saputra, melaporkan bahwa kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayahnya cukup kondusif.

Namun, pasca banjir di Nagari Pangkalan dan Gunuang Malintang, Yudi meminta KPU berkoordinasi dengan pihak nagari untuk memastikan penempatan TPS yang mudah dijangkau masyarakat.

DPT Kecamatan Pangkalan Koto Baru tercatat sebanyak 21.819 dengan total 47 TPS.

Menurut Yudi, penting untuk memastikan seluruh warga dapat berpartisipasi dalam Pilkada pada 27 November mendatang.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait