Pjs Bupati Agam Irup Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024

Pjs Bupati Agam Irup Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten Agam menggelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh inspektur upacara (irup), Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Agam, Endrizal.

Upacara yang digelar di halaman Kantor Bupati Padang Baru, Lubuk Basung pada Selasa, 1 Oktober 2024 tersebut berlangsung khidmat.

Hadir dalam upacara tersebut, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pejabat eselon II dan III, Aparatur Sipil Negara (ASN), serta pelajar dari tingkat SLTA dan SMP yang berasal dari wilayah sekitar Kota Lubuk Basung.

Bacaan Lainnya

Dalam suasana yang penuh khidmat ini, Ketua DPRD Kabupaten Agam, Ilham, membacakan Ikrar yang ditandatangani oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Dalam Ikrar tersebut, disampaikan bahwa sejak Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945, bangsa ini telah menghadapi berbagai rongrongan dari dalam dan luar negeri yang mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Hal ini disebabkan oleh kelengahan dan kurangnya kewaspadaan terhadap upaya-upaya yang berpotensi menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara,” ucap Ilham membacakan ikrar tersebut.

Ikrar itu juga menegaskan komitmen seluruh komponen bangsa untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

“Dengan semangat kebersamaan dan nilai-nilai luhur Pancasila, kita bertekad untuk terus memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Upacara ini berlangsung dengan penuh semangat, mencerminkan tekad bersama untuk terus menjaga dan memperkuat nilai-nilai Pancasila sebagai fondasi persatuan dan kesatuan bangsa.

Dengan momen ini, diharapkan masyarakat Kabupaten Agam semakin paham dan aktif dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait