Pj Wali Kota Payakumbuh Tekankan Pentingnya Netralitas ASN Jelang Pilkada Serentak 2024

Pj Wali Kota Payakumbuh Tekankan Pentingnya Netralitas ASN Jelang Pilkada Serentak 2024

TOPSUMBAR – Menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno, menekankan pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh.

Ia menegaskan bahwa ASN harus menjaga posisi netral dan tidak terpengaruh oleh kepentingan politik manapun.

“Netralitas adalah salah satu asas utama bagi ASN. Pegawai negeri harus bebas dari segala bentuk pengaruh dan intervensi dari partai politik,” ujar Suprayitno saat memimpin apel bersama di halaman Balai Kota Payakumbuh, Senin (14/10/2024).

Apel bersama tersebut diadakan sebagai langkah pembinaan dan pengawasan untuk memastikan netralitas ASN menjelang Pilkada yang akan berlangsung pada 27 November 2024.

Suprayitno mengingatkan kembali kepada seluruh ASN agar tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis selama masa kampanye Pilkada.

“ASN harus tetap bebas dari pengaruh kelompok atau partai politik manapun, serta tidak memihak atau terlibat dalam kepentingan politik tertentu,” tegasnya.

Lebih lanjut, Suprayitno menekankan pentingnya pencegahan dini untuk memastikan ASN tetap netral.

Ia mengingatkan bahwa pelanggaran netralitas ASN mencakup tindakan-tindakan seperti pemasangan baliho atau spanduk calon, berpartisipasi dalam kampanye di media sosial, serta menghadiri deklarasi atau kampanye pasangan calon.

“Di media sosial, pelanggaran ini meliputi membuat postingan, memberi like, komen, share, atau follow akun yang berhubungan dengan bakal calon. ASN harus benar-benar berhati-hati dalam menjaga aktivitas mereka di media sosial,” jelasnya.

Sebagai bentuk komitmen terhadap netralitas ASN, Pemko Payakumbuh telah menyosialisasikan peraturan perundang-undangan terkait netralitas kepada seluruh pegawai di lingkungan pemerintahan.

Suprayitno berharap semua ASN dapat menaati peraturan tersebut untuk menjaga iklim politik yang kondusif.

“Dengan mematuhi aturan, kita bisa mewujudkan suasana yang kondusif dan menjaga netralitas ASN dalam Pilkada 2024 ini,” pungkasnya.

Turut hadir dalam apel tersebut, Sekretaris Daerah, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Lurah, Direktur RSUD, Direktur PDAM, kepala sekolah, kepala puskesmas, dan seluruh ASN se-Kota Payakumbuh.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait