Pj Wali Kota Pariaman Canangkan Gerakan 1491, Bersihkan Pantai Kata hingga Pantai Cermin

Pj Wali Kota Pariaman Canangkan Gerakan 1491, Bersihkan Pantai Kata hingga Pantai Cermin

TOPSUMBAR – Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia, secara resmi mencanangkan “Gerakan 1491” yang melibatkan seluruh tenaga honorer di Kota Pariaman.

Gerakan 1491 ini merupakan kegiatan untuk membersihkan kawasan pantai yang telah dicanangkan oleh Pj Wali Kota Pariaman.

Kegiatan ini perdana berlangsung di Pantai Kata pada Selasa, 8 Oktober 2024 dimulai dari pukul 06.30 – 07.30 WIB.

Bacaan Lainnya

Dalam aksi tersebut Gerakan 1491 telah berhasil membersihkan area pantai dari sampah, sekaligus menandai dimulainya rangkaian kegiatan yang akan berlangsung hingga Jumat besok, 11 Oktober 2024.

Roberia menyampaikan bahwa Gerakan 1491 merupakan bentuk kepedulian dan dedikasi terhadap kebersihan Kota Pariaman, sekaligus upaya meningkatkan daya tarik wisata.

“Hari ini adalah hari pertama Gerakan 1491. Kegiatan ini akan berlanjut hingga Jumat, 11 Oktober. Kami sudah atur jadwalnya, dimana tenaga honorer dari OPD teknis mengikuti gerakan ini mulai pukul 06.30 hingga 07.30 WIB, sementara guru honorer mulai dari pukul 06.30 hingga 07.00 WIB,” jelasnya.

Sebelumnya, Roberia juga mengimbau para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berada di sepanjang objek wisata agar turut menjaga kebersihan pantai.

Langkah ini diharapkan dapat menciptakan kenyamanan bagi para wisatawan dan mendorong peningkatan kunjungan ke Kota Pariaman.

Dalam pelaksanaan Gerakan 1491, Pemko Pariaman sudah menyediakan kantong plastik untuk menampung sampah yang dikumpulkan, serta petugas yang siap dengan mobil pengangkut sampah.

“Hari ini, kegiatan berlangsung di Pantai Kata, dan besok akan dilanjutkan di area Taman Ayunan hingga Pantai Cermin. Insya Allah, gerakan ini akan terus berlanjut ke Pantai Gandoriah, Talao Pauh, dan Pantai Apar,” pungkas Roberia.

Roberia berharap, dengan adanya Gerakan 1491 tersebut dapat menjaga kebersihan pantai sekaligus meningkatkan keindahan destinasi wisata, sehingga dapat menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Kota Pariaman.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait