Pj Wali Kota Padang Panjang Ajak Santri Perkuat Komitmen Wujudkan Cita-Cita Bangsa dalam Upacara Hari Santri Nasional

Pj Wali Kota Padang Panjang Ajak Santri Perkuat Komitmen Wujudkan Cita-Cita Bangsa dalam Upacara Hari Santri Nasional

TOPSUMBAR – Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, AP, M.Si, memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2024 yang digelar di halaman Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang pada Selasa (22/10/2024).

Acara tersebut diikuti oleh ratusan santri dari berbagai pondok pesantren di daerah tersebut.

Dalam kesempatan itu, Sonny membacakan sambutan dari Menteri Agama, mengusung tema HSN tahun ini “Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan.”

Bacaan Lainnya

Tema tersebut, kata Sonny, mengandung makna bahwa santri memiliki tugas penting dalam meneruskan perjuangan para kiai yang telah wafat, dan menjaga nilai-nilai kejuangan mereka.

“Peringatan HSN menjadi momen untuk mengingat dan menghormati perjuangan santri yang turut berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi Jihad yang tercetus pada 22 Oktober menjadi salah satu tonggak sejarah penting dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan, yang kemudian memicu peristiwa heroik 10 November 1945, yang kita kenang sebagai Hari Pahlawan,” ujarnya dikutip dari laman kominfo Padang Panjang pada Selasa, 22 Oktober 2024.

Sonny juga menegaskan bahwa masa depan Indonesia ada di tangan para santri, sehingga HSN diharapkan menjadi momentum untuk memperkuat komitmen dalam meraih masa depan serta mewujudkan cita-cita bangsa.

“HSN ini bukan hanya milik santri atau pesantren, tetapi milik seluruh elemen bangsa. Mari bersama-sama merayakan HSN sebagai wujud kecintaan kita terhadap negeri ini,” ajaknya.

Upacara tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRD Padang Panjang, Imbral, SE, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Nasrul, S.H., M.Si., Kepala Kantor Kemenag, H. Mukhlis M., M.Ag, pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri, pimpinan Yayasan Thawalib, serta tamu undangan lainnya.

(AL)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait