Pimpin Upacara Peringatan HUT TNI ke-79, Plt Gubernur Sumbar Apresiasi Peran TNI dalam Pembangunan Daerah

Pimpin Upacara Peringatan HUT TNI ke-79, Plt Gubernur Sumbar Apresiasi Peran TNI dalam Pembangunan Daerah

TOPSUMBAR – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy, memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-79.

Upacara tersebut berlangsung di halaman Istana Gubernuran pada Sabtu, 5 Oktober 2024.

Dengan tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”, perayaan HUT TNI kali ini menekankan pentingnya profesionalitas dan responsivitas TNI dalam menjaga kedaulatan bangsa serta memajukan Indonesia.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Audy Joinaldy membacakan pesan dari Panglima TNI Agus Subiyanto yang menekankan bahwa TNI memiliki peran vital sebagai pilar pertahanan negara.

“TNI berkomitmen untuk menjaga keutuhan NKRI sekaligus mendukung pembangunan nasional demi tercapainya Indonesia maju,” ungkap Audy.

Setelah upacara, Audy mengapresiasi berbagai kontribusi nyata TNI dalam membantu pembangunan di Sumatera Barat, khususnya melalui kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi.

Ia menyoroti bahwa TNI selalu hadir paling awal saat bencana terjadi di Sumbar.

Selain itu, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) turut memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan di berbagai daerah.

“Kolaborasi ini sangat membantu pemerintah daerah. Misalnya, dalam penanganan bencana di Sumbar, TNI adalah yang pertama hadir. Program TMMD juga menjadi contoh nyata bagaimana TNI membantu pembangunan infrastruktur di desa-desa. Semoga kerja sama ini terus berlanjut dan semakin kuat, terlebih usia TNI kini sama dengan HUT Sumbar, yaitu 79 tahun,” ujar Audy.

Sementara itu, Komandan Lanud Sutan Sjahrir, Kolonel Nav Sani Salman Nuryadin, juga menyampaikan harapan agar TNI semakin kuat dalam menjaga seluruh wilayah Indonesia.

Ia berharap TNI semakin dekat dengan rakyat dan memperkuat sinergitas dengan POLRI serta berbagai institusi lainnya dalam pembangunan bangsa.

Acara puncak peringatan HUT TNI ini dimeriahkan dengan berbagai atraksi dari prajurit TNI dan POLRI yang memamerkan keahlian mereka di hadapan para peserta upacara.

(adpsb/cen)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait