Penguatan CPPD dan Bantuan Sosial, Strategi Pemko Padang Kendalikan Inflasi di Tahun 2024

Penguatan CPPD dan Bantuan Sosial, Strategi Pemko Padang Kendalikan Inflasi di Tahun 2024

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Perikanan dan Pangan terus berupaya mengendalikan inflasi di wilayah ibu kota Provinsi Sumatera Barat.

Sejumlah langkah strategis telah diterapkan guna menekan laju inflasi yang berpotensi mempengaruhi daya beli masyarakat.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Alfiadi, menjelaskan bahwa berbagai tindakan nyata telah dilakukan, termasuk memperkuat Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) yang hingga Oktober 2024 mencapai 111,98 ton.

Bacaan Lainnya

“Selain itu, kami juga menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) untuk meredam lonjakan harga komoditas pangan. Pengawasan dan inspeksi terhadap ketersediaan dan pasokan pangan di pasar-pasar juga dilakukan setiap minggu,” ujar Alfiadi, Selasa (22/10/2024).

Alfiadi menambahkan bahwa Pemko Padang telah menjalin kerja sama dengan sejumlah daerah penghasil bahan pangan guna memastikan kelancaran distribusi pasokan.

Selain itu, Pemko telah menyalurkan bantuan kepada 45.908 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada awal Oktober 2024.

“Pemerintah juga melakukan pelatihan bagi pelaku usaha pangan lokal untuk meningkatkan kapasitas produk olahan pangan lokal, sehingga minat masyarakat terhadap produk-produk lokal semakin meningkat,” paparnya.

Dalam jangka panjang, lanjut Alfiadi, Pemko Padang berkomitmen untuk terus mengendalikan inflasi dengan melaksanakan inspeksi pasar secara rutin, memperkuat Gerakan Pangan Murah (GPM), serta mempererat kerja sama dengan daerah-daerah penghasil pangan.

“Selain itu, kami menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah kepada KPM, memperpendek jalur distribusi pangan, serta memastikan harga pangan tetap stabil,” tambahnya.

Alfiadi juga mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan keluarga dan mengurangi keborosan pangan.

Ia berharap, dengan langkah-langkah yang diambil, inflasi di Kota Padang dapat terus ditekan sehingga kesejahteraan masyarakat terjaga.

“Dengan berbagai upaya ini, kami optimis inflasi di Kota Padang dapat dikendalikan dengan baik,” pungkasnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait