Penelitian ODCB Surantiah Segera Dimulai, Sekda Padang Pariaman Ajak Sinergi Pihak Mendukung

Penelitian ODCB Surantiah Segera Dimulai, Sekda Padang Pariaman Ajak Sinergi Pihak Mendukung

TOPSUMBAR – Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) yang terletak di Korong Surantiah, Nagari Lubuak Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, akan segera diteliti oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Andalas.

Rapat koordinasi terkait penelitian tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah Padang Pariaman, Rudy Repenaldi Rilis, yang berlangsung pada Kamis, 3 Oktober 2024, di ruang rapat Sekda Komplek Kantor Bupati.

Dalam kesempatan itu, Rudy mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mendukung kelancaran penelitian ini.

Ia menyatakan bahwa hasil penelitian ini akan menjadi dasar pertimbangan bagi Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Padang Pariaman dalam sidang penetapan cagar budaya tahun 2024, terutama terkait rekomendasi status Struktur Batuan Objek Diduga Cagar Budaya.

“Saya berharap semua stakeholder, termasuk pemegang IUP OP Azman, ikut mendukung pelaksanaan penelitian ini agar statusnya menjadi lebih jelas,” harapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Pariaman, Anwar, menjelaskan bahwa untuk kegiatan penelitian ini telah dilakukan Perjanjian Kerja Sama antara Bidang Kebudayaan Disdikbud Padang Pariaman dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Andalas pada 20 September 2024.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud, Ade Novalia, M.Pd, juga menyatakan bahwa setelah melakukan penelitian lapangan, tim peneliti akan menyusun laporan yang akan disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Bidang Kebudayaan Disdikbud.

Laporan ini akan digunakan sebagai dasar untuk mengusulkan pendaftaran Struktur Batuan Objek Diduga Cagar Budaya dalam sidang penetapan cagar budaya tahun ini.

Di kesempatan yang sama, perwakilan dari LPPM Universitas Andalas, Prof. Dr. Herwandi, M.Hum, memaparkan jadwal penelitian yang akan dilaksanakan pada 8-9 Oktober 2024, serta metode yang akan diterapkan selama proses penelitian.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait