Pemprov Sumbar Sambut dan Fasilitasi Kepulangan 4 WNI yang Dievakuasi dari Lebanon

Pemprov Sumbar Sambut dan Fasilitasi Kepulangan 4 WNI yang Dievakuasi dari Lebanon

TOPSUMBAR – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) memfasilitasi pemulangan empat warganya yang berhasil dievakuasi dari Beirut, Lebanon, akibat konflik yang memburuk di negara tersebut.

Setibanya di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang Pariaman, pada Selasa (15/10/2024), mereka disambut langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy.

Sebelum tiba di Sumbar, keempat warga tersebut sempat diinapkan oleh Pemprov Sumbar di Jakarta selama beberapa hari untuk menyelesaikan berbagai pengurusan dokumen.

Bacaan Lainnya

Keempat orang tersebut terdiri dari Rina Mardiani (33), bersama dua anaknya, Mohammad Mouhalhel (5) dan Ahmed Mouhalhel (4), yang berasal dari Baso, Kabupaten Agam, serta Muhammad Lutfi, mahasiswa asal Kabupaten Pasaman Barat.

Audy Joinaldy menjelaskan bahwa proses evakuasi dilakukan oleh pemerintah pusat sebagai bagian dari upaya menyelamatkan 79 warga negara Indonesia (WNI) yang terjebak di Lebanon karena kondisi perang yang kian memanas.

“Hari ini kita menyambut kepulangan empat warga Sumbar yang dievakuasi dari daerah konflik di Lebanon,” kata Audy saat menyambut kedatangan mereka.

Lebih lanjut, Audy menambahkan bahwa keempat warga tersebut akan tinggal sementara di Sumatera Barat sampai situasi di Lebanon stabil dan ada izin dari pemerintah Indonesia bagi mereka yang ingin kembali ke sana.

“Untuk saat ini, mereka akan kita antar pulang ke keluarga masing-masing. Namun, mengenai kapan mereka bisa kembali ke Lebanon, masih harus menunggu perkembangan lebih lanjut,” tambahnya.

Rina, seorang ibu rumah tangga yang suaminya adalah warga Lebanon, dan Lutfi, seorang mahasiswa yang sedang menempuh studi di sana, menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada Pemprov Sumbar.

Menurut mereka, bantuan yang diterima sangat berarti, mulai dari pendampingan dalam pengurusan dokumen hingga pemulangan dari Jakarta ke Sumbar.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Sumbar, khususnya Bapak Plt. Gubernur Audy Joinaldy dan seluruh pihak terkait yang telah memberikan banyak bantuan dan pendampingan kepada kami,” ujar Rina, yang didampingi oleh Lutfi.

(adpsb/nov)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait