Pemko Payakumbuh Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Terbaik 2024

Pemko Payakumbuh Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Terbaik 2024

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh berhasil meraih penghargaan sebagai Penyelenggara Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2024.

Penghargaan ini diberikan dalam ajang Gebyar Pelayanan Prima yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, pada kesempatan tersebut secara langsung memberikan penghargaan kepada Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno, di Sheraton Grand Jakarta, Gandaria City Hotel, Selasa (8/10/2024).

Dengan mengangkat tema “Wujudkan Ekosistem Pelayanan Publik Transformatif, Inovatif, dan Inklusif”, acara ini bertujuan untuk mengukur pencapaian reformasi birokrasi melalui inovasi layanan publik.

Selain itu, ajang ini turut menilai pelayanan yang ramah terhadap kelompok rentan, dengan fokus pada evaluasi dan monitoring kinerja penyelenggaraan publik.

Menteri Abdullah Azwar Anas memberikan apresiasi atas komitmen kepala daerah dalam melahirkan inovasi yang berkelanjutan di sektor pelayanan publik.

“Acara ini memberikan penghargaan kepada unit-unit pelayanan publik yang berhasil melembagakan inovasi. Inovasi yang diidentifikasi dan dilembagakan penting agar bisa terus berjalan dalam jangka panjang,” ungkapnya.

Diketahui, Pemko Payakumbuh terpilih sebagai salah satu dari 14 instansi terbaik, dari 308 instansi yang berkompetisi dalam ajang Pemantauan Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi (PKRI) 2024.
Penghargaan ini semakin memperkuat posisi Kota Payakumbuh di antara 631 instansi peserta, yang terdiri dari 34 kementerian, 46 lembaga, 546 pemerintah daerah, dan 5 BUMN.

Pj Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno, menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya atas penghargaan ini.

“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh perangkat daerah, serta kolaborasi yang kuat dengan berbagai pihak. Ini menjadi bukti bahwa inovasi dan komitmen dalam pelayanan publik adalah prioritas utama kami,” ujar Suprayitno.

Payakumbuh sendiri berhasil bersaing dengan sejumlah program unggulan, termasuk SITARANG dari Dinas PUPR, Sipaduko dari Puskesmas Ibuh, serta Klinik Berhenti Merokok dari Puskesmas Padang Karambia, yang masuk dalam Top Inovasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP).

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait