Pemko Payakumbuh Dorong Uda-Uni Terpilih untuk Promosikan Potensi Wisata Kota

Pemko Payakumbuh Dorong Uda-Uni Terpilih untuk Promosikan Potensi Wisata Kota

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh mendorong Uda-Uni Duta Wisata 2024 untuk terus berperan aktif dalam memperkenalkan potensi pariwisata kota.

Ajang ini diharapkan menjadi lebih dari sekadar kontes kecantikan dan ketampanan, melainkan sarana memajukan sektor wisata daerah.

“Pemilihan Uda-Uni adalah bukti komitmen Payakumbuh dalam mengembangkan pariwisata lokal,” ungkap Pj Wali Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Rida Ananda saat malam Grand Final Uda-Uni Duta Wisata Kota Payakumbuh 2024.

Rida menambahkan, meskipun Payakumbuh mungkin tidak memiliki banyak destinasi wisata alam dibandingkan daerah lain, namun kota ini memiliki keunggulan di bidang lain, seperti wisata kuliner yang perlu terus dipromosikan.

“Kuliner adalah salah satu daya tarik utama kita, dan ini harus dikembangkan secara lebih optimal,” jelasnya.

Selain itu, Rida juga memberikan apresiasi kepada seluruh finalis Uda-Uni yang telah melalui berbagai tahapan seleksi.

Ia meyakini bahwa para finalis tidak hanya berpenampilan menarik, tetapi juga memiliki wawasan dan keterampilan yang mampu mengangkat potensi pariwisata Payakumbuh ke tingkat nasional maupun internasional.

“Saya yakin, para duta yang terpilih malam ini akan menjadi wajah Payakumbuh, membawa misi untuk menjaga dan mengenalkan potensi budaya serta pariwisata kota kita,” tambah Rida.

Rida berharap ajang ini bisa menjadi motivasi bagi generasi muda untuk berkontribusi dalam pengembangan pariwisata daerah.

“Pemilihan ini menjadi wadah bagi kreativitas anak muda dalam mempromosikan Payakumbuh,” tutupnya, seraya memberi semangat kepada para finalis.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Payakumbuh, Nofriwandi, menjelaskan bahwa Pemilihan Uda-Uni Duta Wisata 2024 digelar bekerja sama dengan Ikatan Uda-Uni Payakumbuh.

Ia menyebutkan bahwa para peserta yang ikut berasal dari berbagai kalangan, seperti kecamatan, kampus, sekolah, dan sanggar seni.

Sebanyak 24 finalis yang terdiri dari 13 Uda dan 11 Uni bersaing pada malam grand final. Para juri yang terlibat meliputi Kepala Disparpora, Ketua Dekranasda Elfriza ‘Cheche’ Zaharman, Bundo Kanduang, serta tokoh masyarakat dan pendidik setempat.

Adapun pemenang terpilih sebagai Uda Duta Wisata 2024 adalah M. Yusuf Afif Ali, sedangkan Stefina Lora Lorenza menjadi Uni Duta Wisata. Selain itu, penghargaan Wakil I Uda diberikan kepada Fikran Vanrezza dan Wakil I Uni kepada Bunga Safira.

Berbagai kategori lainnya juga diumumkan, seperti Uda-Uni Berbakat, Uda-Uni Favorit, dan Uda-Uni dengan Best Video.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait