Pemko Pariaman dan Telkom University Gelar Sosialisasi Program Saga Saja untuk Seleksi Mahasiswa Baru 2025/2026

Pemko Pariaman dan Telkom University Gelar Sosialisasi Program Saga Saja untuk Seleksi Mahasiswa Baru 2025/2026

TOPSUMBAR – Asisten Administrasi Pembangunan dan Umum Sekretariat Daerah Kota Pariaman, Elfis Candra, secara resmi membuka Sosialisasi Program Kerja Sama Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) antara Pemerintah Kota Pariaman dan Telkom University.

Acara ini diselenggarakan di Aula Balaikota Pariaman pada Jumat (18/10/2024), bertujuan untuk mempersiapkan Seleksi Mahasiswa Baru (SMB) Telkom University Tahun Ajaran 2025/2026.

Dalam sambutannya, Elfis Candra menjelaskan bahwa Program Saga Saja merupakan salah satu program unggulan Pemko Pariaman yang telah dijalankan sejak tahun 2018 dan tercantum dalam RPJMD Kota Pariaman 2018-2023.

Program ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak dari keluarga kurang mampu di Pariaman untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi vokasi terkemuka, baik di dalam maupun luar Sumatera Barat.

“Program Saga Saja bertujuan mengkuliahkan anak-anak kurang mampu di perguruan tinggi berkualitas dengan biaya yang sepenuhnya ditanggung oleh Pemko Pariaman, bekerja sama dengan BAZNAS Kota Pariaman. Seluruh biaya, mulai dari pendaftaran hingga lulus, digratiskan. Selain itu, mahasiswa juga menerima tunjangan bulanan yang besarnya bervariasi, tergantung lokasi mereka berkuliah,” ungkap Elfis Candra.

Sejak 2018 hingga 2024, Pemko Pariaman telah membiayai pendidikan 380 mahasiswa kurang mampu.
Rinciannya, 10 mahasiswa pada 2018, 35 pada 2019, 66 pada 2020, 77 pada 2021, 67 pada 2022, 84 pada 2023, dan 41 pada tahun ini.

Elfis juga menyoroti keberhasilan kerja sama dengan Telkom University yang telah mengirimkan mahasiswa sejak 2022.

“Tahun 2022, sebanyak 8 mahasiswa dikirim ke Telkom University, kemudian 12 orang pada 2023, dan tahun ini sebanyak 23 mahasiswa. Sehingga total mahasiswa dari Program Saga Saja yang kini menuntut ilmu di Telkom University adalah 43 orang,” tambahnya.

Ia berharap kerja sama ini terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Kami berharap program ini dapat menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan produktif. Dengan begitu, setelah lulus, para mahasiswa dapat bekerja dan mengangkat kondisi ekonomi keluarganya, sekaligus mengurangi angka pengangguran di Kota Pariaman,” pungkas Elfis Candra.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Urusan Admisi Telkom University Kiky Herisandi, Staf Ahli Walikota Bidang Sumber Daya Manusia dan Kemasyarakatan Hertati Taher, Kepala Disdikpora Kanderi, Ketua Baznas Zalman Zaunit, serta siswa-siswi SMA, SMK, dan MAN se-Kota Pariaman.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait