Pemkab Solok Gelar Sosialisasi Database Pemanfaatan Sumber Daya Air, Hadirkan Inovasi Baru ‘SEMALAM’

Pemkab Solok Gelar Sosialisasi Database Pemanfaatan Sumber Daya Air, Hadirkan Inovasi Baru 'SEMALAM'

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok telah melaksanakan sosialisasi terkait Database Pemanfaatan Sumber Daya Air pada Rabu, 9 Oktober 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Solok, dihadiri oleh Camat Gunung Talang, Riswandi Bahaudin, wali nagari se-Kecamatan Gunung Talang, serta staf Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Sekretariat Daerah Kabupaten Solok.

Sosialisasi dibuka oleh Kepala Bagian SDA Setda Kabupaten Solok, Bapak Anthony Saliza, yang mewakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Anthony menjelaskan bahwa agenda kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan inovasi bernama Database Pemanfaatan Sumber Daya Alam, atau SEMALAM.

“Inovasi ini kami buat dengan berkoordinasi bersama berbagai stakeholders, termasuk Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PTSP Naker, Dinas Pekerjaan Umum, dan Dinas Pertanian,” jelasnya.

Lebih lanjut, Anthony menyatakan bahwa Kecamatan Gunung Talang dipilih sebagai lokasi pilot project untuk implementasi inovasi SEMALAM.

“Database ini telah disusun dan menyediakan berbagai data yang dapat diakses, seperti rekapitulasi pemanfaatan sumber daya alam per wilayah dan sektor,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga menekankan bahwa peta sebaran titik-titik pemanfaatan sumber daya alam baik per wilayah maupun sektor akan tersedia di dalam database tersebut.

“Kami berharap database SEMALAM ini dapat meningkatkan kinerja Bagian Sumber Daya Alam dalam melaksanakan tugas dan fungsinya,” tambahnya.

Ia juga menginformasikan bahwa penyusunan database ini akan dilanjutkan untuk 13 kecamatan lainnya dan akan diperbarui secara berkala dengan melibatkan berbagai pihak terkait.

(BY)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait