Padang dan Mentawai Perkuat Kerja Sama Lewat Penandatanganan PKS di Empat Bidang

Padang dan Mentawai Perkuat Kerja Sama Lewat Penandatanganan PKS di Empat Bidang

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Padang dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Mentawai menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) di empat bidang strategis.

Penandatanganan ini bertujuan untuk mempererat jalinan kerja sama antara Padang dan Mentawai yang berlangsung di ruang pertemuan Bappeda Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Minggu, 13 Oktober 2024, sebelum Rapat Staf Bulanan Pemko Padang.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy.

Bacaan Lainnya

PKS pertama menyangkut kerja sama dalam promosi destinasi wisata dan ekonomi kreatif antara Dinas Pariwisata Kota Padang dengan Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan potensi pariwisata bagi kedua daerah.

Sedangkan PKS kedua adalah terkait penanggulangan bencana, yang melibatkan BPBD Kota Padang dan BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Mengingat lokasi kedua daerah yang rawan bencana, kerja sama ini menjadi langkah penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan.

Bidang ketiga yang dikerjasamakan adalah ketersediaan, distribusi, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di sektor perikanan.

Kerja sama ini melibatkan Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang dengan Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Mentawai, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sektor perikanan kedua daerah.

Terakhir, PKS di bidang pangan, dengan fokus pada ketersediaan, distribusi, dan pengembangan SDM di bidang ketahanan pangan.

Kerja sama ini dijalin antara Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, menyampaikan bahwa kerja sama ini akan mempererat hubungan antara Kota Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai yang selama ini telah terjalin baik.

“Melalui PKS ini, kedua daerah akan saling mendukung dan memperkuat dalam berbagai sektor,” ujar Andree.

Andree juga memberikan apresiasi kepada Plt Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, yang turut hadir dalam acara tersebut.

“Kehadiran Plt Gubernur Sumbar menunjukkan sinergi yang kuat antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten dan kota di Sumbar,” tambahnya.

Selain itu, Andree juga memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Kabupaten Kepulauan Mentawai yang kini memasuki usia ke-25 tahun, sembari menyoroti keberhasilan Mentawai yang kini tidak lagi berstatus sebagai daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Sementara itu, Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Fernando J Simanjuntak, menyambut baik kerja sama ini dan berharap ratusan pejabat Pemko Padang yang berkunjung ke Mentawai dapat membawa kesan positif.

“Seperti arahan Plt Gubernur, kami berkomitmen untuk mengembangkan pariwisata premium di Mentawai demi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” kata Fernando.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait