Optimalkan Kamseltibcar Lantas, Polda Sumbar Luncurkan Operasi Zebra Singgalang 2024

Optimalkan Kamseltibcar Lantas, Polda Sumbar Luncurkan Operasi Zebra Singgalang 2024

TOPSUMBAR – Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) resmi meluncurkan Operasi Zebra Singgalang 2024, yang berlangsung dari 14 hingga 27 Oktober 2024.

Operasi ini bertujuan untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas), sekaligus mendukung pengamanan Pemilukada serentak di wilayah Sumbar.

Apel gelar pasukan yang diadakan di Lapangan Mapolda Sumbar dipimpin oleh Irwasda Polda Sumbar, Kombes Pol. Prabowo Santoso, S.I.K., M.H pada Senin, 14 Oktober 2024.

Bacaan Lainnya

Dalam amanat Kapolda Sumbar yang dibacakan oleh Irwasda Polda Sumbar, ia menekankan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sebagai prasyarat bagi pembangunan nasional.

“Keberhasilan Polri dalam menciptakan Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas memerlukan sistem, manajemen, dan standar operasional yang baik. Ini harus dilakukan secara berkesinambungan, terencana, dan terkoordinasi antara fungsi kepolisian dan unsur terkait lainnya,” ujar Irwasda.

Ia juga menjelaskan bahwa Operasi Zebra 2024 bertujuan menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Terdapat enam poin penekanan dari Kapolda Sumbar yang harus dilaksanakan selama operasi:

  1. Lakukan deteksi dini dan pemetaan terhadap lokasi berpotensi pelanggaran lalu lintas dan kemacetan.
  2. Laksanakan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya Kamseltibcar Lantas melalui berbagai media.
  3. Edukasi dan bangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.
  4. Laksanakan penegakan hukum secara elektronik dan teguran simpatik terhadap pelanggaran.
  5. Hindari tindakan yang dapat merugikan citra Polri dan menurunkan kepercayaan masyarakat.
  6. Lakukan counter opini terhadap berita hoaks terkait Operasi Zebra Singgalang 2024.

“Semoga Operasi Zebra Singgalang 2024 dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat tanpa menimbulkan dampak negatif terhadap kepercayaan publik kepada Polri,” tutup Irwasda.

Apel gelar pasukan ini dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Sumbar, Forkompinda Sumbar, dan personel Polda Sumbar.

(Riko)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait