Muhammadiyah Sumbar Rekomendasikan Pasangan Guspardi Gaus-Yogi Yolanda untuk Pilkada Agam 2024

TOPSUMBAR –  Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat (Sumbar) merekomendasikan pasangan Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si dan Yogi Yolanda, S.Hum sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Rekomendasi tersebut dibacakan Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar, Drs. H. Apris, MM, di Convention Center Prof. Ahmad Syafei Maarif, MA, Kampus I Universitas Muhammadiyah Sumbar, Padang, Senin (7/10/2024).

Apris menyebutkan surat rekomendasi tersebut merupakan hasil rapat pleno PWM Muhammadiyah Sumbar tanggal 2 Oktober 2024 yang turut dihadiri PDM, PCM, Ortom, dan LHKP Muhammadiyah se-Sumbar dalam agenda menyikapi Pilkada gubernur dan 19 kepala daerah Kab/Kota di Sumbar Tahun 2024.

“Berdasarkan rapat pleno PWM Muhammadiyah Sumbar tanggal 2 Oktober 2024, telah diputuskan memberikan rekomendasi kepada pasangan Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si dan Yogi Yolanda, S.Hum sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam pada pemilihan kepala daerah 2024,” ujarnya.

Selain membacakan surat rekomendasi, Apris juga membacakan surat instruksi untuk pimpinan muhammadiyah dari seluruh tingkatan guna menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan kepada pasangan kepala daerah.

Sementara itu, Ketua PWM Muhammadiyah Sumbar, Dr. Bakhtiar, M.Ag., dalam sambutannya mengatakan pemberian surat rekomendasi bagi Paslon kepala daerah merupakan hal baru dan pertama dilakukan PWM Muhammadiyah Sumbar.

“Melihat dinamika dan proses politik yang berlangsung di negara kita Republik Indonesia dan menyikapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumbar 2024, maka berdasarkan hasil rapat konsolidasi secara nasional dan dilanjutkan di tingkat wilayah dengan melibatkan seluruh unsur pimpinan Muhammadiyah dari tingkat daerah, cabang, hingga wilayah maka diputuskan pemberian surat rekomendasi bagi Paslon kepala daerah se – Sumbar, pada Pilkada Sumbar 2024,” ujarnya.

Calon Bupati Agam, Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si usai menerima surat rekomendasi PWM Muhammadiyah Sumbar, saat menjawab Topsumbar.co.id, mengatakan dirinya memberikan apresiasi luar biasa kepala PWM Muhammadiyah Sumbar atas pemberian surat rekomendasi bagi dirinya dan pasangannya pada Pilkada Agam 2024.

“Kami memberikan apresiasi luar biasa kepada PWM Muhammadiyah Sumbar yang telah menetapkan dan memutuskan pasangan Guspardi Gaus dan Yogi Yolanda sebagai pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Agam yang akan dipilih oleh warga Muhammadiyah kabupaten Agam,” ujar Anggota Komisi II DPR RI periode 2019-2024 itu.

Guspardi menyebutkan, dirinya dan pasangannya tidak menduga sebagai orang yang direkomendasikan oleh PWM Muhammadiyah Sumbar dalam kontestasi Pilkada Agam 2024.

“Bagaimanapun pemberian surat rekomendasi dari PWM Muhammadiyah Sumbar ini akan berpengaruh dalam Pilkada Agam yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang. Untuk itu, sekali lagi saya secara pribadi dan pasangan menyampaikan apresiasi luar biasa kepada PWM Muhammadiyah Sumbar,” ujar Guspardi didampingi Yogi Yolanda.

Selain itu, Guspardi Gaus juga menyampaikan jika tagline Muhammadiyah itu lahir di Yogyakarta besar di Sumatera Barat. Tentu ini punya arti luar biasa bagi masyarakat Sumbar yang natabenenya mayoritas adalah warga Muhammadiyah.

“Saya yakin dan percaya dengan pemberian surat rekomendasi oleh PWM Muhammadiyah Sumbar bagi pasangan calon kepala daerah ini, tentu akan berpengaruh terhadap elektabilitas pasangan calon kepala daerah tersebut pada Pilkada 2024 ini,” pungkas Guspardi.

Selain penyerahan surat rekomendasi kepada pasangan Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si dan Yogi Yolanda, S.Hum sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam untuk Pilkada 2024, secara bersamaan PWM Muhammadiyah Sumbar juga menyerahkan surat rekomendasi kepada paslon gubernur Mahyeldi – Vasco, dan kepada 14 pasangan Bupati dan wakil serta Walikota dan wakil se-Sumbar lainnya.

(AL)

Pos terkait