MPR RI Gelar Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2024-2029

MPR RI Gelar Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2024-2029

TOPSUMBAR – Sidang Paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dengan agenda tunggal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Dilansir dari laman dpr.go.id, sidang dibuka langsung oleh Ketua MPR RI, Ahmad Muzani dan dihadiri oleh sejumlah pejabat dalam dan luar negeri, termasuk undangan lainnya.

“Dengan agenda tunggal pelantikan presiden dan wakil presiden Republik Indonesia periode 2024-2029, sidang ini kami nyatakan terbuka untuk umum. Kita patut bersyukur kepada Allah SWT atas kelancaran pemilu yang menghasilkan pemimpin baru bagi bangsa ini,” ungkap Ahmad Muzani, yang juga anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra.

Bacaan Lainnya

Ia menambahkan bahwa hari ini adalah momen bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena kembali berhasil menjalankan demokrasi dengan baik.

Ahmad juga mengajak seluruh rakyat untuk terus menumbuhkan rasa syukur dan memperkuat persatuan demi Indonesia yang lebih baik ke depan.

Dalam sidang tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Mochammad Afifuddin, membacakan keputusan KPU mengenai hasil pemilihan presiden (pilpres), yang menetapkan Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden terpilih.

Usai pembacaan keputusan, Prabowo Subianto kemudian mengucapkan sumpah jabatan di hadapan para anggota MPR.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar, serta menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucap Prabowo Subianto dalam prosesi pengambilan sumpah.

Setelah pengucapan sumpah, Ketua MPR Ahmad Muzani secara resmi mengumumkan bahwa Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2024-2029.

Ahmad berharap kepemimpinan keduanya akan membawa visi besar dan kebijakan pro-rakyat yang dapat mendorong kemajuan bangsa.

“Dengan penuh rasa syukur, kita telah menyaksikan pengucapan sumpah jabatan. Kami berharap Prabowo dan Gibran mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik, bersama-sama membangun demi kesejahteraan rakyat,” tutupnya.

Pelantikan tersebut berlangsung khidmat dan berjalan lancar, disaksikan oleh para pejabat negara, duta besar, serta tamu undangan lainnya.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait