Malam Ini, KPU Padang Panjang Gelar Debat Publik Cawako dan Cawawako, Ini Tema dan 7 Panelis

TOPSUMBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Padang Panjang pada malam ini, Rabu, (23/10/2024) gelar debat publik putaran pertama calon walikota (cawako) dan calon wakil walikota (cawawako) pada pemilihan Walikota  (Pilwako) dan Wakil Walikota (Wawako) Padang Panjang tahun 2024.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang, Masnaidi  mengatakan debat publik putaran pertama ini akan di gelar di gedung DPRD kota Padang Panjang dan pihaknya sudah siap untuk menggelarnya.

“Tadi kita telah mengadakan gladi resik atau gladi bersih di gedung DPRD bersama dengan pasangan calon (paslon), InsyaAllah kita sudah siap untuk melaksanakan debat publik putaran pertama ini, segala kebutuhan dan hal-hal teknis sudah kita siapkan,” kata Masnaidi dihubungi Topsumbar.co.id.

Ia menyebutkan sejumlah ketentuan, seperti pembatasan jumlah simpatisan paslon yang bisa masuk kedalam gedung DPRD tempat debat publik berlangsung.

“Terkait pelaksanaan debat pesertanya sudah kita undang dan telah kita bagi nasing-masing paslon membawa 85 orang simpatisan. Rinciannya 35 orang kita tempatkan di dalam gedung dan 50 orang kita tempatkan nonton bareng di luar gedung,” sebut Masnaidi.

“Yang 35 orang ini pada pukul 19:00 WIB sudah berada di dalam gedung DPRD sehingga pelaksanaan debat pada pukul 19:30 WIB sudah benar-benar ready dan begitu sudah pukul 19:30 WIB pintu sudah di kunci dan tidak ada lagi yang bisa masuk ke dalam gedung DPRD,” sambungnya melanjutkan.

Kemudian guna aman, lancar dan tertibnya acara, kegiatan ini juga didukung tim dari personil kepolisian dari polres Padang Panjang sebanyak 60 orang, Satpol PP 20 orang, dan Dinas Perhubungan 15 orang.

“Tim ini nanti akan mengatur dari sisi pengamanan, lalulintas, dan kamtibmas,” ujar Masnaidi.

Selain itu, Masnaidi juga menyebutkan tema debat publik putaran pertama ini adalah “”Transformasi Sosial, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasiskan Agama”.

Begitu juga pihaknya sudah siapkan tim panelis sebanyak 7 (tujuh) orang, yaitu DR. Ilham, DR. Abrar, DR. Wanda Fitri, DR. Hendranaldi, Hendri Novigator, Rozi Datenoputri, S. Ip. M. Ip, dan Syamsuarni, S. Ag.

“Ketujuh panelis ini kita anggap orang yang cocok untuk membedah dan membuat pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan kepada paslon pada debat publik putaran pertama yang bertema “Transformasi Sosial, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasiskan Agama”,” tuturnya.

Seterusnya Masnaidi menyebutkan, pada pelaksanaan debat dibagi dalam 6 segmen. Segmen pertama adalah pembukaan dan penyampaian visi misi dan program masing-masing paslon, segmen kedua dan ketiga pendalaman visi misi dan program oleh moderator, segmen ke empat dan ke lima tanya jawab antar paslon, dan segmen ke enam atau terakhir adalah clossing statemen oleh moderator.

“Bertindak sebagai moderator pada debat publik putaran pertama ini adalah Oktavril Noviansyah, presenter Padang TV yang sudah profesional membawakan acara dialog-dialog di Padang TV,” tutup Masnaidi.

(AL)

Pos terkait