Kepala DP3AP2KB Apresiasi Kerjasama Perguruan Tinggi dan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah

Kepala DP3AP2KB Apresiasi Kerjasama Perguruan Tinggi dan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah

TOPSUMBAR – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang, Eri Sanjaya, memberikan apresiasi terhadap sinergi antara perguruan tinggi dan masyarakat Kelurahan Batang Arau dalam pengelolaan sampah.

Hal ini diungkapkannya saat membuka lokakarya Sekolah Sampah Limpapeh yang diselenggarakan oleh PPK BEM KM Universitas Andalas (Unand) di Kantor Lurah Batang Arau, Sabtu (12/10/2024)

“Kami, atas nama Pemerintah Kota Padang, sangat mengapresiasi inisiatif ini karena sejalan dengan program pemerintah, yaitu Padang Bagoro, yang bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” ujarnya.

Eri Sanjaya juga menjelaskan bahwa Pemko Padang telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah sampah.

Salah satunya adalah mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki tempat pengolahan kompos di lingkungan masing-masing.

Selain itu, gerakan *Stop Boros Pangan* juga terus disosialisasikan sebagai langkah pencegahan penambahan sampah.

“Pemerintah sudah menerapkan kebijakan untuk tidak menggunakan kemasan plastik dalam acara-acara resmi. Kami menggantinya dengan gelas sebagai alternatif, karena sampah terbesar di kota ini berasal dari rumah tangga dan kegiatan acara,” tambahnya.

Eri juga mengajak masyarakat untuk mengubah cara pandang terhadap sampah, yakni sebagai sumber ekonomi yang bisa dimanfaatkan.

“Apa yang dilakukan ini sangat sejalan dengan upaya pemerintah dalam pengelolaan sampah. Sampah di Padang sudah menjadi masalah yang serius dan memerlukan perhatian bersama,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Sekolah Sampah Limpapeh, Arga Zaifullah, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pengelolaan sampah organik dan non-organik.

“Kami telah melaksanakan 13 pertemuan selama tiga bulan terakhir. Pada lokakarya ini, kami memaparkan hasil kegiatan yang berhasil menurunkan volume sampah sekaligus meningkatkan keterampilan masyarakat dalam pengelolaannya,” ungkap Arga.

Arga berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan dan menjadi bagian dari solusi dalam mendukung program pemerintah untuk mengatasi persoalan sampah di Kota Padang.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait