Kapolri Tinjau Gladi Bersih Apel Pasukan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI

Kapolri Tinjau Gladi Bersih Apel Pasukan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI

TOPSUMBAR – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memantau langsung gladi bersih apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Mantap Brata 2024.

Gladi bersih tersebut difokuskan untuk pengamanan proses pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, gladi bersih ini diikuti oleh 15.000 personel dari berbagai kesatuan Polri, berlangsung di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Sabtu (12/10/2024).

Bacaan Lainnya

“Kapolri mengecek kesiapan apel pengamanan (Pam) untuk pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden RI,” ujar Irjen Dedi Prasetyo, Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), dalam keterangannya.

Pelaksanaan gladi bersih ini menjadi bagian dari persiapan besar pengamanan nasional, dengan apel gelar pasukan resmi yang akan digelar pada Senin (14/10/2024) di lokasi yang sama.

Operasi Mantap Brata melibatkan sekitar 15.000 personel dan alat material khusus (almatsus) untuk memastikan keamanan maksimal pada hari pengambilan sumpah jabatan tersebut.

“Kepolisian juga telah merencanakan berbagai skenario pengamanan demi menjaga situasi kondusif selama proses pelantikan berlangsung,” tambahnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2024.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga akan memberikan tanda kehormatan Nugraha Sakanti kepada tujuh satuan Polri yang telah memberikan kontribusi besar dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian.

Nugraha Sakanti adalah penghargaan yang dianugerahkan kepada satuan Polri yang dinilai berjasa dalam bidang kepolisian dan memberikan dampak positif bagi keamanan serta kepentingan bangsa dan negara.

Adapun tujuh satuan Polri yang akan menerima penghargaan tersebut adalah Korps Brimob, Korps Lalu Lintas (Korlantas), Bareskrim, Baharkam, Densus 88 Antiteror, Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes), serta Divisi Hubungan Internasional Polri.

(Riko)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait