Kapolri Pastikan Kesiapan Pengamanan dan Pengawalan Rute Pelantikan Presiden-Wakil Presiden Berjalan Lancar

Kapolri Pastikan Kesiapan Pengamanan dan Pengawalan Rute Pelantikan Presiden-Wakil Presiden Berjalan Lancar

TOPSUMBAR – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan kesiapan Polri dalam mengamankan serta mengawal rute lalu lintas jelang pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Acara pelantikan tersebut akan berlangsung pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Pernyataan ini disampaikan Kapolri setelah menghadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, pada Jumat, 18 Oktober 2024.

Bacaan Lainnya

Didampingi Panglima TNI Jenderal Agus Subianto, Kapolri menyatakan bahwa pengamanan di sepanjang rute kendaraan VVIP menuju Gedung DPR/MPR dan rute sebaliknya telah siap.

“Kami telah mengamankan rute-rute utama yang akan dilalui kendaraan VVIP dari titik keberangkatan hingga ke Gedung DPR/MPR. Kami juga memperhatikan informasi mengenai kehadiran masyarakat di beberapa titik untuk menyambut presiden dan wakil presiden terpilih,” kata Jenderal Sigit.

Ia menambahkan, Polri mengimbau masyarakat yang berencana untuk menyambut di sepanjang rute agar tetap tertib.

Polri telah melakukan antisipasi terhadap berbagai potensi gangguan yang mungkin terjadi, termasuk aksi dari beberapa kelompok yang dipantau melakukan kegiatan.

“Kami bekerja sama dengan Panglima TNI untuk memitigasi dan meminimalkan risiko gangguan selama proses pelantikan. Rekayasa lalu lintas juga telah disiapkan untuk memastikan kelancaran,” ujar Kapolri.

Dalam rangka pengamanan pelantikan, Polri telah mengerahkan 15.224 personel yang terbagi dalam 8 satuan tugas (satgas), yang saat ini sudah mulai menjalankan tugasnya di lapangan.

Personel ini terdiri dari berbagai satuan fungsi, termasuk untuk menjaga ketertiban dan keamanan di sekitar lokasi pelantikan.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Agus Subianto menjelaskan bahwa TNI juga telah menyiapkan 100 ribu personel untuk pengamanan pelantikan, khususnya di wilayah Jakarta.

“Kami terus memitigasi berbagai potensi ancaman, berkoordinasi dengan Polri dan satuan intelijen,” ujarnya.

Untuk pengamanan VVIP, Panglima TNI menjelaskan bahwa Ring 1 akan dijaga oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang dilengkapi sniper dan teknologi antidrone.

Sementara itu, pengamanan di Ring 2 dan Ring 3 akan dilaksanakan oleh gabungan pasukan TNI-Polri.

(Riko)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait