Kabupaten Solok Raih Tiga Besar Penghargaan TPAKD Terbaik Sumatera Barat 2024

Kabupaten Solok Raih Tiga Besar Penghargaan TPAKD Terbaik Sumatera Barat 2024

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok berhasil meraih posisi tiga besar dalam penghargaan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) terbaik di Provinsi Sumatera Barat untuk tahun 2024.

Penghargaan ini diumumkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumatera Barat dalam acara puncak Bulan Inklusi Keuangan 2024, yang digelar di Basko Grand Mall, Padang, pada Sabtu (26/10/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Plt Gubernur Sumatera Barat, yang diwakili oleh Kepala Biro Perekonomian Kuartini Deti Putri, bersama dengan Kepala Perwakilan BI Sumatera Barat, jajaran direksi Bank Nagari.

Bacaan Lainnya

Kemudian, Kepala OJK Sumatera Barat, Pjs Bupati Solok yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Eva Nasri, serta berbagai pimpinan industri jasa keuangan dan asosiasi keuangan lainnya di Sumatera Barat.

Penghargaan ini diberikan kepada Kabupaten Solok setelah melalui evaluasi ketat oleh OJK berdasarkan beberapa kriteria utama.

Aspek penilaian tersebut mencakup:

  • Kesesuaian antara rencana dan realisasi program kerja TPAKD dari 2021 hingga 2025,
  • Penyampaian ringkasan eksekutif TPAKD,
  • Kesesuaian ringkasan eksekutif dengan rencana dan pelaksanaan program kerja yang dilaporkan melalui Sistem Informasi TPAKD (SITPAKD),
  • Ketepatan waktu pelaporan rencana kerja dan realisasi pada SITPAKD,
  • Jumlah kegiatan literasi keuangan yang dilaksanakan,
  • Sinergi yang terjalin antara TPAKD Kabupaten/Kota dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) untuk mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan.

Eva Nasri, yang menerima penghargaan mewakili Pjs Bupati Solok, menyatakan bahwa prestasi ini mencerminkan komitmen Kabupaten Solok dalam mendukung program literasi dan inklusi keuangan untuk memajukan perekonomian daerah.

Sementara itu, dalam sambutan yang diwakili oleh Deputi Direktur Pengawasan LJK2, Kepala OJK Sumatera Barat mengungkapkan apresiasinya atas kontribusi aktif TPAKD di Kabupaten/Kota, yang telah mendorong peningkatan akses keuangan di Sumatera Barat.

Hal ini dinilai berdampak positif terhadap perputaran ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

(BY)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait