Hingga September, BAZNAS Bukittinggi Salurkan Lebih dari Rp 2 Miliar Zakat kepada Mustahik

Hingga September, BAZNAS Bukittinggi Salurkan Lebih dari Rp 2 Miliar Zakat kepada Mustahik

TOPSUMBAR – Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bukittinggi, Hani Syopiar Rustam, menerima kunjungan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bukittinggi di ruang kerjanya pada Kamis, 3 Oktober 2024.

Dalam pertemuan tersebut, BAZNAS Bukittinggi menyampaikan laporan terkait penyaluran dana zakat hingga bulan September 2024.

Ketua BAZNAS Kota Bukittinggi, Edi Syahmian, mengungkapkan bahwa tujuan audiensi ini adalah untuk mempererat silaturahmi serta menyampaikan laporan mengenai capaian pengumpulan zakat.

Bacaan Lainnya

Dari target pengumpulan zakat sebesar Rp 3,2 miliar, hingga September 2024, BAZNAS Bukittinggi telah berhasil menghimpun dana zakat sebanyak Rp 2,159 miliar.

“Mayoritas zakat yang kami terima berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN), yang berkontribusi sebesar 89 persen dari total pengumpulan, sementara sisanya berasal dari masyarakat umum. Hingga saat ini, dana zakat yang sudah terkumpul telah disalurkan kepada 6.690 mustahik di Kota Bukittinggi dengan total penyaluran mencapai Rp 2,010 miliar,” jelas Edi Syahmian yang didampingi oleh jajaran pimpinan BAZNAS lainnya.

Dana zakat tersebut telah disalurkan melalui berbagai program unggulan seperti, Bukittinggi Taqwa, Bukittinggi Peduli, Bukittinggi Cerdas, Bukittinggi Sehat, dan Bukittinggi Makmur.

Melalui program-program ini, BAZNAS berupaya berperan aktif dalam mengurangi kemiskinan di Bukittinggi, dengan terus bersinergi bersama Pemerintah Kota.

Menanggapi laporan tersebut, Pjs Wali Kota Bukittinggi, Hani Syopiar Rustam, menyampaikan apresiasi atas peran penting yang diemban BAZNAS dalam mendukung kesejahteraan masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi BAZNAS yang aktif dalam membantu masyarakat. Harapannya, BAZNAS dapat terus bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dan peraturan yang berlaku, termasuk Peraturan BAZNAS (Perbaznas),” ujar Hani.

Lebih lanjut, Hani menekankan pentingnya menjaga kepercayaan publik melalui transparansi dan kepatuhan terhadap aturan.

“Membangun kepercayaan publik adalah hal yang sangat penting. BAZNAS harus tetap mematuhi peraturan yang ada, memperkuat komunikasi, dan menjaga koordinasi dengan instansi terkait. Fokuslah pada kegiatan-kegiatan positif yang membawa manfaat nyata bagi masyarakat,” tambahnya.

Ia juga berharap agar sinergi antara BAZNAS dan Pemerintah Kota Bukittinggi dapat terus ditingkatkan dalam rangka menuntaskan kemiskinan di daerah tersebut.

“Kami dari Pemko Bukittinggi siap mendukung sepenuhnya program-program BAZNAS yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat,” tutup Hani.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait