Hadapi Pilkada Serentak Badunsanak Tahun 2024, Polda Sumbar Gelar Apel Bhabinkamtibmas

Hadapi Pilkada Serentak Badunsanak Tahun 2024, Polda Sumbar Gelar Apel Bhabinkamtibmas

TOPSUMBAR – Polda Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Apel Bhabinkamtibmas dalam rangka persiapan menghadapi Pilkada Serentak Badunsanak 2024 di wilayah Sumatera Barat.

Apel yang dipimpin oleh Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono, berlangsung di Lapangan Imam Bonjol, Padang pada Kamis, 17 Oktober 2024.

Dalam sambutannya, Kapolda, Suharyono menegaskan bahwa apel ini bertujuan untuk memaksimalkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) selama penyelenggaraan Pilkada yang akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

Ia berharap pelaksanaan Pilkada di Ranah Minang dapat berlangsung aman dan kondusif.

“Kita semua diharapkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. Peran aktif semua unsur masyarakat sangat dibutuhkan guna mengoptimalkan Harkamtibmas,” ujar Kapolda Sumbar.

Kapolda juga mengingatkan pentingnya penanaman nilai-nilai patriotisme dan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk menciptakan kondisi sosial yang damai selama proses Pilkada.

“Bentengi diri dari berbagai pengaruh negatif dan tanamkan semangat patriotisme serta nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Ini akan membantu menjaga Kamtibmas yang kondusif,” lanjutnya.

Selain itu, ia menekankan pentingnya hak pilih yang bebas dari intimidasi. Masyarakat diimbau untuk menggunakan hak pilihnya tanpa rasa takut.

Kapolda berharap pesan ini dapat disampaikan ke seluruh lapisan masyarakat agar bisa menyalurkan suaranya secara bebas dan adil.

“Saya berharap semua pihak bisa menyampaikan pesan ini, agar masyarakat bisa memilih dengan bebas tanpa intimidasi atau tekanan,” tambahnya.

Sebelum menutup sambutan, Kapolda Sumbar menyampaikan empat poin penting bagi seluruh personel Bhabinkamtibmas:

  1. Meningkatkan kerjasama dengan instansi terkait, tokoh masyarakat, dan pihak-pihak lain untuk mendukung kelancaran kegiatan di desa, kelurahan, maupun nagari dengan tanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban.
  2. Menguasai aturan hukum terkait Pilkada dan ketentuan perundang-undangan lainnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas selama Pilkada serentak 2024.
  3. Mengajak partai politik untuk menciptakan suasana politik yang santun dan demokratis guna menjaga ketertiban di Sumatera Barat.
  4. Mengimbau masyarakat Sumbar agar menyalurkan hak pilihnya secara langsung, bebas, umum, dan rahasia (LUBER).

Polda Sumbar berkomitmen penuh untuk memastikan keamanan dan kesuksesan Pilkada 2024 di Sumatera Barat melalui langkah-langkah strategis yang disampaikan Kapolda.

Apel ini turut dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Sumbar, para Kasat Binmas, Kanit Bhabinkamtibmas, serta anggota Bhabinkamtibmas dari berbagai wilayah.

Setelah apel, para Bhabinkamtibmas menerima arahan langsung dari Kapolda serta pembekalan materi terkait regulasi Pilkada oleh instansi terkait di Gedung Youth Center, Padang.

(Riko)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait