Festival Alek Nagari Nan XX Kecamatan Lubeg Resmi Berakhir, Kelurahan Lubeg Nan XX Raih Juara Umum

Festival Alek Nagari Nan XX Kecamatan Lubeg Resmi Berakhir, Kelurahan Lubeg Nan XX Raih Juara Umum

TOPSUMBAR – Kelurahan Lubuk Begalung (Lubeg) Nan XX berhasil keluar sebagai juara umum dalam Festival Alek Nagari Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung, yang digelar mulai Rabu hingga Kamis (9-10 Oktober 2024).

Festival ini resmi ditutup pada Kamis malam, 10 Oktober 2024 oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Heriza Syafani.

Dengan tema “Mambangkik Batang Tarandam, Warih Nan Bajawek, Pusako Nan Batolong,” Festival Alek Nagari Nan XX sukses diselenggarakan dan menjadi ajang kebersamaan masyarakat Kecamatan Lubuk Begalung.

Bacaan Lainnya

Pada rangkaian Festival Alek Nagari tersebut, Kelurahan Lubeg Nan XX meraih juara umum setelah memenangkan dua kategori perlombaan, yaitu lomba barzanji dan lomba sumbang 12.

Sementara, Kelurahan Kampuang Baru Nan XX berhasil meraih juara pertama dalam lomba pawai budaya, Kelurahan Batuang Taba Nan XX menjuarai lomba makan bajamba.

Sedangkan Kelurahan Parak Laweh Pulau Aia Nan XX keluar sebagai juara pertama dalam lomba sholawat.

Dalam sambutannya, Heriza Syafani menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan festival ini, mulai dari panitia, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, pemuda, alim ulama, hingga seluruh masyarakat Kecamatan Lubeg.

“Ini merupakan momentum kebangkitan bagi kita untuk terus melestarikan adat dan budaya, meski perkembangan teknologi terus berjalan. Budaya kita harus tetap hidup dan menjadi pemicu semangat bagi generasi muda. Kami berharap, para RT dan RW bersama lurah bisa terus mengingatkan anak-anak muda agar lebih peduli terhadap adat dan budaya kita,” ungkap Heriza.

Camat Lubeg, Nofiandi Amir, turut menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kota Padang atas dukungan penuh dalam pelaksanaan festival ini.

Menurutnya, kegiatan budaya seperti ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam mencegah kenakalan remaja.

“Kami sangat prihatin dengan persoalan kenakalan remaja, tawuran, dan berbagai masalah moral lainnya di kalangan generasi muda. Kami berharap, melalui kegiatan ini, anak-anak bisa lebih terbina dengan karakter adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah,” ujar Nofiandi.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait