Festival Alek Nagari Nan XX di Lubeg Resmi Digelar, Upaya Pelestarian Budaya Minangkabau

Festival Alek Nagari Nan XX di Lubeg Resmi Digelar, Upaya Pelestarian Budaya Minangkabau

TOPSUMBAR – Festival Alek Nagari Nan XX resmi dibuka oleh Asisten I Setda Kota Padang, Edi Hasymi di Gedung Balai Basuo, Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg) pada Rabu, 9 Oktober 2024.

Dengan mengusung tema “Mambangkik Batang Tarandam, Warih Nan Bajawek, Pusako Nan Batolong”, acara ini menjadi festival adat pertama dan satu-satunya diselenggerakan di Kota Padang pada tahun ini.

Festival Alek Nagari ini menampilkan berbagai kegiatan budaya khas Minangkabau, termasuk lomba makan bajamba, sumbang duo baleh, serta lomba shalawat dan barzanji yang diikuti oleh 15 kelurahan di Kecamatan Lubeg.

Bacaan Lainnya

Acara ini dihadiri oleh seluruh niniak mamak, bundo kanduang, dan tokoh masyarakat setempat.

Edi Hasymi menyatakan bahwa festival ini tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga sebagai upaya untuk menjaga warisan adat dan budaya Minangkabau di tengah perkembangan zaman.

“Festival ini bukan hanya soal perlombaan, tetapi bagaimana nilai-nilai adat bisa tetap lestari di masyarakat kita,” ungkapnya dikutip dari laman diskominfo padang pada Rabu, 9 Oktober 2024.

Ia juga berharap, festival ini bisa menjadi contoh bagi nagari lain dalam melestarikan tradisi dan budaya Minangkabau.

Camat Lubeg, Noviandi Amir, menjelaskan bahwa festival ini berlangsung selama dua hari, dengan kegiatan yang dimulai dari pawai dan bazar UMKM hingga lomba bajamba dan sumbang duo baleh.

“Pada hari kedua, dilanjutkan dengan lomba shalawat antar BKMT, barzanji, dan acara puncak pada malam harinya,” tambah Noviandi.

Total hadiah yang diperebutkan dalam perlombaan mencapai Rp20 juta, dan berkat dukungan dari para Niniak Mamak Nagari Nan XX, para pemenang lomba juga mendapatkan hadiah tambahan.

Noviandi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berperan aktif dalam menyukseskan acara tersebut.

“Kami berterima kasih atas semua dukungan, terutama kontribusi dari Niniak Mamak yang turut memberikan hadiah untuk pemenang lomba,” pungkasnya.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait