DPRD Sumbar Dorong Pengembangan Potensi Daerah dan Peningkatan PAD dalam Peringatan Hari Jadi Provinsi ke-79

DPRD Sumbar Dorong Pengembangan Potensi Daerah dan Peningkatan PAD dalam Peringatan Hari Jadi Provinsi ke-79

TOPSUMBAR – Ketua sementara DPRD Sumatera Barat, Irsyad Syafar, menegaskan pentingnya pengembangan potensi daerah serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam peringatan Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat ke-79.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri malam resepsi peringatan HUT Sumbar di Istana Gubernur Sumbar pada Selasa, 1 Oktober 2024.

Irsyad mengungkapkan bahwa tema peringatan, “Sumbar Maju Bermartabat”, harus dimaknai dengan serius sebagai upaya untuk meningkatkan segala aspek yang berkaitan dengan potensi daerah serta PAD.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, kemajuan yang dicapai harus diiringi dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, cerdas, serta madani, sehingga dapat berkontribusi besar dalam pembangunan daerah secara mandiri.

“Dengan SDM yang unggul, cerdas, dan madani, kita akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memperkuat pembangunan di seluruh sektor,” ungkap Irsyad.

Selain itu, Irsyad mengingatkan pentingnya belajar dari sejarah yang berkembang secara dinamis.

Baginya, kemajuan Sumatera Barat saat ini tidak terlepas dari peran para tokoh Minang yang terkenal dengan pemikiran kritis dan kepemimpinan yang berpengaruh, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Kita memiliki sejarah panjang sebagai tempat lahirnya para pemikir ulung. Seperti M. Yamin yang berperan penting dalam melahirkan Piagam Jakarta, Mohammad Hatta yang dikenal sebagai Bapak Ekonomi Indonesia, dan Tan Malaka yang pemikirannya mempengaruhi kaum revolusioner Indonesia,” jelas Irsyad.

Selain itu, ia juga menyoroti berkurangnya representasi tokoh Minang dalam dunia politik saat ini.

Menurutnya, Minangkabau tidak lagi melahirkan sosok cendekiawan yang mampu mempengaruhi corak pemikiran nasional seperti generasi terdahulu.

Ia berharap agar hal ini menjadi perhatian serius untuk dibenahi di masa depan.

Sementara itu, Plt Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, dalam sambutannya menekankan pentingnya merayakan perjalanan panjang Provinsi Sumatera Barat yang kini telah mencapai usia 79 tahun, sama dengan usia kemerdekaan Indonesia.

“79 tahun perjalanan ini harus kita maknai sebagai langkah menuju masa depan yang lebih cerah. Pembangunan berkelanjutan, penguatan kearifan lokal, dan kesejahteraan masyarakat adalah prioritas kita bersama,” ujar Audy.

Dengan tema “Sumbar Maju Bermartabat”, ia mengajak seluruh elemen masyarakat dan pemerintah untuk bersatu dan terus berupaya dalam membangun Sumatera Barat yang lebih baik di masa depan.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait