Diskominfo Kota Pariaman Tingkatkan Kompetensi Melalui Pelatihan SD-WAN di Telkom University Bandung

Diskominfo Kota Pariaman Tingkatkan Kompetensi Melalui Pelatihan SD-WAN di Telkom University Bandung

TOPSUMBAR – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pariaman baru-baru ini mengikuti pelatihan teknologi Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN) yang diselenggarakan di Telkom University, Bandung.

Pelatihan ini merupakan hasil dari kerja sama strategis antara Diskominfo Kota Pariaman dan PT Telkom Indonesia, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknis sumber daya manusia di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Kegiatan pelatihan yang berlangsung selama tiga hari, dari 16 hingga 18 Oktober 2024 ini, diikuti oleh sejumlah staf Diskominfo dengan fasilitator ahli dari Telkom University.

Materi pelatihan mencakup pemahaman konsep dasar SD-WAN, implementasi teknologi, serta pengelolaan dalam mendukung transformasi digital di sektor pemerintahan.

Reza Novandri, Kepala Bidang Egoverment Diskominfo Kota Pariaman, menekankan pentingnya pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas layanan TIK di Kota Pariaman.

“Dengan teknologi SD-WAN, kami berharap dapat memberikan layanan yang lebih efisien, cepat, dan aman bagi masyarakat serta mendukung infrastruktur smart city di masa depan,” ujarnya saat sesi pelatihan pada Rabu (16/10).

Reza juga menambahkan bahwa pelatihan ini akan membantu Aparatur Diskominfo dalam menyediakan layanan Jaringan Intranet Pemerintah Kota Pariaman yang lebih responsif dan aman, sejalan dengan arahan Pj Walikota, Roberia, dalam mewujudkan digitalisasi di Kota Pariaman.

Dalam kesempatan tersebut, Diskominfo juga melakukan diskusi dengan pakar Sistem Pemerintah Berbasis Digital (SPBE) dari Telkom University untuk memastikan perbaikan layanan SPBE di Kota Pariaman berjalan secara optimal dan terstruktur.

Hendri Wihelminof, perwakilan dari PT Telkom, menyampaikan bahwa kolaborasi dengan Diskominfo Kota Pariaman merupakan bagian dari komitmen PT Telkom dalam mendukung pengembangan teknologi di berbagai daerah di Indonesia.

“Kami berharap teknologi SD-WAN dapat diterapkan secara optimal di Kota Pariaman, sehingga memberikan dampak positif terhadap pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang lebih baik,” tambahnya.

Pelatihan ini diharapkan menjadi langkah awal dalam memperkuat infrastruktur TIK di Kota Pariaman, seiring dengan upaya pemerintah daerah untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Dengan penerapan sistem teknologi SD-WAN, kami akan mendapatkan berbagai keuntungan, seperti kinerja aplikasi yang lebih optimal, jaringan yang stabil dan fleksibel, serta keamanan traffic jaringan yang terjamin, sambil menghemat biaya,” pungkasnya.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait