Dinas Sosial Kota Solok Salurkan Bantuan Nutrisi Pangan untuk 50 Penyandang Disabilitas

Dinas Sosial Kota Solok Salurkan Bantuan Nutrisi Pangan untuk 50 Penyandang Disabilitas

TOPSUMBAR – Dinas Sosial Kota Solok menyalurkan bantuan nutrisi pangan kepada 50 penyandang disabilitas di seluruh Kota Solok.

Penyerahan bantuan ini dilakukan di Aula Dinas Sosial pada Kamis, 17 Oktober 2024 dengan melibatkan 10 orang Pilar Sosial yang turut membantu pelaksanaan distribusi.

Kepala Dinas Sosial Kota Solok, Herman, S.H., S.Sos., yang hadir bersama Kepala Bidang Rehabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial, Henri, S.H., M.E., serta Analis Kebijakan Ahli Muda, Rahman Hidayu, menjelaskan bahwa bantuan ini berasal dari Sentra Terpadu Inten Soeweno, Kementerian Sosial RI.

Bacaan Lainnya

Bantuan tersebut dirancang untuk memberikan tambahan nutrisi bagi penyandang disabilitas.

“Paket bantuan ini berisi bahan pangan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi penyandang disabilitas. Nilai per paketnya mencapai lebih dari Rp600 ribu per orang, dengan isi yang cukup lengkap,” ujar Herman.

Sebelum bantuan tersebut disalurkan, Dinas Sosial Kota Solok terlebih dahulu melakukan assessment atau penilaian lapangan untuk menentukan penerima bantuan.

Penilaian ini penting mengingat jumlah bantuan yang terbatas, sementara jumlah penyandang disabilitas di Kota Solok melebihi 50 orang.

“Data awal penyandang disabilitas kami peroleh dari Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). Namun, melalui assessment, kami melakukan seleksi dan verifikasi lebih lanjut dengan cara mengunjungi rumah-rumah para penyandang disabilitas dan melakukan wawancara,” tambahnya.

Henri, selaku Kepala Bidang Rehabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial, juga menambahkan bahwa bantuan serupa dari APBD Kota Solok memang ada, namun jumlahnya terbatas.

“Kami berharap agar alokasi anggaran untuk bantuan penyandang disabilitas dapat ditambah, mengingat kebutuhan mereka yang cukup besar di Kota Solok,” harap Henri.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait