BPBD Kota Padang Raih Peringkat 3 Terbaik Indeks Trantibumlinmas Sub Urusan Bencana 2024

BPBD Kota Padang Raih Peringkat 3 Terbaik Indeks Trantibumlinmas Sub Urusan Bencana 2024

TOPSUMBAR – Kota Padang berhasil sebagai satu-satunya kota yang masuk dalam tiga besar penilaian dari Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan.

Penilaian ini diberikan terkait Indeks Penyelenggaraan Ketenteraman, Ketertiban Umum, dan Pelindungan Masyarakat (Trantibumlinmas) Sub Urusan Bencana tahun 2024, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang yang berhasil menempati posisi tiga besar nasional dengan skor 92,65.

Pengukuran indeks ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Dalam Negeri 2020-2024, serta Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.4.3-669 Tahun 2022.

Bacaan Lainnya

Penilaian ini mencakup enam pilar utama, yakni kelembagaan, sumber daya aparatur, kebijakan, pendanaan, teknis operasional, dan kepemimpinan.

Tujuan pengukuran ini adalah untuk mengukur capaian pemerintah dalam melaksanakan urusan wajib pelayanan dasar terkait bencana, menyediakan data dasar, serta indikator keberhasilan daerah dalam menghadapi bencana.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Padang, Hendri Zulviton, mengungkapkan bahwa keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras bersama dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan pengelolaan bencana di Kota Padang.

“Hasil ini menunjukkan bahwa Kota Padang telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dalam penyelenggaraan Trantibumlinmas Sub Urusan Bencana,” ungkap Hendri.

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, juga memberikan apresiasi atas capaian tersebut.

Ia menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan dalam menghadapi tantangan bencana.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan guna memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat Kota Padang,” tegasnya.

(Riko)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait