Besok! KPU dan FWP Kota Padang Gelar Diskusi Media, Bahas Tantangan Pers di Pilkada 2024

Besok! KPU dan FWP Kota Padang Gelar Diskusi Media, Bahas Tantangan Pers di Pilkada 2024

TOPSUMBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang bekerja sama dengan Forum Wartawan Parlemen (FWP) Kota Padang akan menyelenggarakan diskusi media pada Sabtu, 5 Oktober 2024.

Acara ini akan berlangsung di Hotel Pangeran Beach, Kota Padang dan akan diikuti sebanyak 60 orang yang berasal dari berbagai media, termasuk media kampus yang dikelola oleh mahasiswa di Kota Padang.

Diskusi ini bertujuan untuk mendukung keberhasilan penyelenggaraan Pilkada Serentak Nasional 2024 di Kota Padang.

Bacaan Lainnya

Sekretaris FWP Kota Padang, Siti Rahmadani Hanifah atau yang akrab disapa Hanny Tanjung, menyampaikan bahwa diskusi ini digelar untuk menyukseskan program KPU.

“Insya Allah, besok kita akan mengadakan diskusi terkait Pilkada 2024. Diskusi ini diharapkan dapat menjadi kontribusi nyata dalam mendukung program KPU Kota Padang,” ujar Hanny yang juga merupakan Pimpinan Redaksi (Pimred) topsumbar.co.id pada Jumat, 4 Oktober 2024.

Kota Padang, menjadi salah satu dari 7 kota dan 12 kabupaten di Sumatera Barat yang turut berpartisipasi dalam Pilkada serentak ini.

Pemilihan serentak tidak hanya dilakukan untuk memilih wali kota dan wakil wali kota, tetapi juga Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat.

Hanny mengungkapkan bahwa suksesnya pesta demokrasi lima tahunan ini sangat bergantung pada terciptanya ruang publik yang kondusif dan bebas dari informasi palsu.

“Berita palsu dan hoaks kerap kali muncul, terutama selama masa-masa pemilu. Bahkan setelah pemilihan selesai, informasi-informasi semacam itu tetap tersebar di ruang publik,” tambahnya.

Dengan mengangkat tema “Pers di Tengah Gempuran Jurnalisme Warga pada Pilkada Nasional Serentak 2024”, diskusi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pemberitaan baik media cetak, maupun elektronik.

Adapun narasumber yang akan berbicara dalam diskusi ini adalah Ketua KPU Kota Padang, Dorri Putra, dan ahli pers dari Dewan Pers, Hendra Makmur.

“Kita berharap dengan adanya diskusi ini, nantinya media di Kota Padang mampu menghadapi tantangan yang muncul dari perkembangan jurnalisme warga, terutama dalam menjaga integritas informasi selama pelaksanaan Pilkada 2024,” tutupnya.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait