Yaminu Rizal Resmi Membuka MTQ ke-IX Tingkat Kecamatan Pariaman Tengah 2024

Yaminu Rizal Resmi Membuka MTQ ke-IX Tingkat Kecamatan Pariaman Tengah 2024

TOPSUMBAR – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pariaman, Yaminu Rizal, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-IX tingkat Kecamatan Pariaman Tengah tahun 2024.

Acara pembukaan ini berlangsung di halaman Kantor Camat Pariaman Tengah pada Jumat sore, 20 September 2024.

Pembukaan MTQ tersebut ditandai dengan pemukulan gandang tasa oleh Yaminu Rizal yang didampingi Ketua DPRD Kota Pariaman Muhajir Muslim, Anggota DPRD Indra Jaya, Camat Pariaman Tengah Febriady Hariko, serta perwakilan Forkopimda Kota Pariaman.

Acara ini juga dimeriahkan dengan penyerahan piala bergilir dari Desa Rawang, juara MTQ sebelumnya, kepada panitia penyelenggara MTQ tahun ini.

Dalam sambutannya, Yaminu Rizal memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini dan menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi.

Ia berharap MTQ di tingkat kecamatan dapat menjadi ajang seleksi dan pembinaan untuk peserta yang akan berlaga di MTQ tingkat Kota Pariaman.

“MTQ bukan hanya tentang meraih prestasi, tetapi juga tentang memberikan wadah pembinaan yang baik bagi seluruh peserta. Kepada para juri, laksanakan penilaian dengan adil dan bijaksana, serta bantu peserta berkembang sesuai dengan kemampuan mereka. Kepada peserta, selamat bertanding, percayalah pada kemampuan diri sendiri,” ujar Yaminu.

Ia juga berharap pelaksanaan MTQ ini dapat memberikan dampak positif dalam upaya membentuk generasi muda yang religius dan berkarakter kuat, dengan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup sehari-hari.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana MTQ ke-IX, Raswan Azmi, mengungkapkan bahwa acara ini terselenggara berkat sumbangan seluruh ASN yang bekerja di lingkungan Kecamatan Pariaman Tengah.

MTQ kali ini juga menjadi ajang pencarian bakat dan seleksi untuk MTQ tingkat Kota Pariaman.

“Kegiatan MTQ berlangsung selama tiga hari, mulai 20 hingga 22 September 2024. Lokasi perlombaan dibagi antara Kantor Camat Pariaman Tengah dan beberapa masjid di sekitar wilayah Pariaman Tengah,” jelas Raswan.

MTQ ke-IX Kecamatan Pariaman Tengah ini memperlombakan berbagai cabang, termasuk Tilawah Qur’an, Hifzil Qur’an, dan Tartil Qur’an, dengan total peserta mencapai 400 orang.

Selain itu, acara pembukaan MTQ juga dimeriahkan oleh Pawai Taaruf yang melibatkan MDA dan MDTA se-Kecamatan Pariaman Tengah, menambah semarak perayaan ini.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait