Wali Kota Batam, Muhammad Rudi Beri Kuliah Umum tentang Kepemimpinan kepada Ribuan Mahasiswa UMRAH

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi Beri Kuliah Umum tentang Kepemimpinan kepada Ribuan Mahasiswa UMRAH

TOPSUMBAR – Ribuan mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) mendapatkan kesempatan berharga untuk belajar tentang kepemimpinan dari Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Kuliah umum ini digelar di Kampus UMRAH, Tanjungpinang, pada Jumat, 20 September 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Rudi berbagi pengalaman kepemimpinannya selama 14 tahun memimpin Batam, baik sebagai Wakil Wali Kota maupun Wali Kota Batam selama dua periode.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Rudi juga telah memimpin Badan Pengusahaan (BP) Batam selama lima tahun terakhir.

“Semoga apa yang kami lakukan di Batam bisa menjadi pembelajaran bagi kalian semua, bagaimana kami membangun kota ini hingga menjadi modern dan maju,” kata Rudi kepada para mahasiswa.

Rudi berharap pengalamannya dalam membangun Batam dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain di Kepulauan Riau (Kepri), sehingga provinsi ini bisa terus berkembang, lebih berdaya saing, dan sejahtera.

Ia juga menekankan pentingnya keterlibatan generasi muda, khususnya mahasiswa, dalam proses perencanaan pembangunan.

“Perencanaan pembangunan harus melibatkan anak muda, karena mereka memiliki ide-ide cemerlang dan pemikiran kekinian. Dengan begitu, pembangunan yang dilakukan akan selaras dengan kebutuhan dan harapan generasi muda,” tambahnya.

Dalam kuliah umumnya, Rudi juga memaparkan sejumlah proyek pembangunan besar di Batam, seperti Bandara Internasional Hang Nadim, Pelabuhan Batuampar, proyek jalan protokol, Proyek Strategis Nasional Pulau Rempang, serta berbagai proyek lainnya.

Ia mengingatkan para mahasiswa bahwa merekalah yang nantinya akan melanjutkan pembangunan ini di masa depan.

Selain fokus pada pembangunan fisik, Rudi menegaskan pentingnya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Di Batam, pemerintah memberikan insentif kepada para guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Tidak hanya itu, insentif juga diberikan kepada mubalig, imam masjid, pendeta, dan guru ngaji sebagai bentuk upaya meningkatkan kesejahteraan dan kualitas SDM di kota tersebut.

Pada akhir acara, mahasiswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan Wali Kota Rudi.
Sesi tanya jawab ini berlangsung meriah, dengan para mahasiswa antusias menyampaikan pertanyaan dan ide-ide mereka.

Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA, mengapresiasi kehadiran Wali Kota Muhammad Rudi yang bersedia berbagi pengalaman dan pemikiran dalam kuliah umum ini.

“Acara ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena memberikan wawasan dan pemikiran yang bisa mereka pelajari untuk masa depan,” ujarnya.

(RK)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait