Tingkatkan Kesadaran Keamanan Akun Media Sosial, Kemkominfo Gelar Webinar Literasi Digital di 3 Daerah Sumbar

Tingkatkan Kesadaran Keamanan Akun Media Sosial, Kemkominfo Gelar Webinar Literasi Digital di 3 Daerah Sumbar

TOPSUMBAR – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat akan menggelar webinar literasi digital bertema “Dasar Keamanan Akun Media Sosial” untuk pelajar dan tenaga kependidikan di wilayah Sijunjung, Sawahlunto, dan Dharmasraya.

Acara ini dijadwalkan akan berlangsung pada Rabu, 18 September 2024 pukul 09.00 WIB.

Webinar ini akan menampilkan tiga narasumber, yaitu Kepala Seksi SMA dan SLB Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Sumatera Barat Elvanis Rosalinda, praktisi dan konsultan IT dari Mahir
Institute Partner Ardiansyah, serta Manajer Marketing Compass Publishing Femikhirana Widjaja. Diskusi ini akan dipandu oleh moderator Firdha.

Bacaan Lainnya

“Webinar ini terbuka untuk umum dan dapat diikuti secara gratis dengan mendaftar melalui link https://s.id/RegPendidikanSumatera1809. Selain e-sertifikat, panitia juga menyediakan hadiah berupa voucher e-wallet senilai total Rp1.000.000 untuk 10 peserta dengan pertanyaan terbaik,” tulis Kemkominfo dalam siaran pers pada Selasa, 17 September 2024.

Menurut Kemkominfo, pemahaman tentang keamanan media sosial sangat penting di era digital.

Banyak pengguna media sosial yang belum memahami cara melindungi akun mereka dari potensi ancaman digital, seperti pencurian identitas dan serangan phishing.

Dalam webinar ini, peserta akan diajarkan langkah-langkah dasar untuk menjaga keamanan akun, seperti menggunakan kata sandi yang kuat, autentifikasi dua faktor (2FA), serta menjaga privasi dan informasi pribadi.

“Penggunaan kata sandi yang kuat dan langkah-langkah keamanan lainnya menjadi kunci penting dalam melindungi akun dari risiko pencurian data dan kerugian lainnya,” lanjut Kemkominfo.

Webinar ini merupakan bagian dari program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) yang diselenggarakan oleh Kemkominfo sejak 2017 untuk mendukung transformasi digital di Indonesia.

Hingga akhir 2023, sebanyak 24,6 juta orang telah berpartisipasi dalam kegiatan literasi digital ini, dan ditargetkan mencapai 50 juta peserta hingga akhir 2024.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kecakapan digital masyarakat, yang semakin penting seiring dengan meningkatnya penetrasi internet di Indonesia.

Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2024, pengguna internet di Indonesia mencapai 221,5 juta jiwa atau 79,5 persen dari total populasi.

Informasi lebih lanjut mengenai program literasi digital dapat diakses melalui situs resmi info.literasidigital.id serta media sosial dan kanal YouTube Literasi Digital Kominfo.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait