Tekuni Tapak Suci, Hantarkan Suci Jadi ‘Uni Berbakat Kabupaten Sijunjung 2024’

Tekuni Tapak Suci, Hantarkan Suci Jadi 'Uni Berbakat Kabupaten Sijunjung 2024'

TOPSUMBAR – Pemerintah daerah kabupaten Sijunjung telah menyelesaikan pemilihan Uda-Uni Duta Wisata pada Sabtu malam, 31 Agustus 2024 lalu.

Setelah melalui proses panjang dan seleksi yang sangat ketat, akhirnya dewan juri memutuskan Dzikri Pratama menjadi Uda Duta Wisata Sijunjung dan Nisa Cahaya Tari sebagai Uni Duta Wisata Sijunjung.

Pada malam grand final tersebut juga diumumkan 10 Uda dan 10 Uni wakil I, wakil II, favorit, berbakat, persahabatan, Ekraf, madani, photogenic serta duta wisata kebudayaan.

Bacaan Lainnya

Dewan juri yang terdiri dari Renita, SH, M.AP, M.IDS bersama Tasrial Effendi, M.Pd dan Tri Purnamasari Halim, SE menetapkan Uni Berbakat 2024 yaitu Suci Halimah Tusaqdiah.

Perempuan yang akrab disapa Suci itu, lahir di Padang Panjang pada 5 Desember 2001 saat ini sedang menempuh studi di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) AL-Yaqin Muaro Sijunjung.

Selain kuliah, Suci juga tercatat sebagai pengajar di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah dan Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah Tanjung Ampalu.

Sesuai harapan orangtuanya, puteri dari pasangan suami isteri Tewar bersama Nurmy Oemar, Suci terbilang berprestasi diolahraga pencak silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM).

Tak hanya sebagai pesilat Tapak Suci, Suci juga kerap menjadi wasit, kemudian menjadi pelatih dan terakhir menjadi pembina serta terpilih sebagai bendahara Pimpinan Daerah (Pimda) Tapak Suci Kabupaten Sijunjung.

Kepiawaian Suci dan kawan-kawan melalui Tapak Suci pun turut mengharumkan nama Kabupaten Sijunjung dengan membawa medali pada berbagai even.

Pada tanggal 18-21 Januari 2024 lalu, Pengurus Provinsi Ikatan Pencak Silat Indonesia (Pengprov IPSI) Sumatera Barat menugaskan Suci menjadi wasit pada kejuaraan pencak silat Camar Putih Open di Payakumbuh.

Suci mewakili IPSI Sijunjung dan tercatat sebagai salah seorang dari 24 wasit yang ditetapkan Pengprov.

Kemudian pada tanggal 14-15 Oktober 2023, bersama Suci, Dewa Muhammad Sakina pun meraih medali emas dalam Kejurnas Pencak Silat UIN Syech M. Djamil Djambek di Bukittinggi.

Sebelumnya, kontingen Sijunjung pun meraih 14 medali melalui Kejurwil Tapak Suci di Padang pada tanggal 21 Juni 2023. Ke-14 medali tersebut terdiri dari 2 emas, 4 perak dan 8 perunggu.

Guru seni budaya dan ekstra kurikuler bertangan dingin itu tak mau muluk-muluk ketika ditanya media pada Senin, 2 September 2024.

“Bisa menjadi pribadi lebih baik dan bisa menjaga amanah yang telah diberikan ikatan, kemudian bisa lebih mengharumkan nama orang tua,” ujarnya singkat.

“Kita berharap Uda-Uni Duta Wisata bisa mempromosikan keunggulan Sijunjung sampai kedaerah lainnya hingga mancanegara dan tidak hanya terhenti sampai disini,” demikian harapan Sekda, Dr. Zefnihan, AP, M.Si saat menyampaikan sambutan pada malam grand final di Gedung Pancasila, Muaro Sijunjung.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait