Sukseskan MotoGP Mandalika 2024, Polda NTB Perketat Pengamanan di Green Gate dan Bundaran Mong

Sukseskan MotoGP Mandalika 2024, Polda NTB Perketat Pengamanan di Green Gate dan Bundaran Mong

TOPSUMBAR – Dalam rangka mendukung kelancaran gelaran MotoGP Mandalika 2024, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) menerapkan pengamanan ketat di beberapa titik strategis, termasuk di Green Gate dan Bundaran Mong.

Langkah ini diambil untuk memastikan pengaturan lalu lintas berjalan lancar dan hanya pihak yang berwenang dapat memasuki area sirkuit.

Kompol I Wayan Alus Adyana, selaku Perwira Pengendali di Bundaran Mong, menegaskan bahwa lokasi ini menjadi pintu penyekat pertama bagi kendaraan yang menuju ke Sirkuit Mandalika.

Bacaan Lainnya

“Bundaran Mong merupakan titik krusial untuk memastikan hanya kendaraan yang memiliki tiket dan stiker resmi yang diperbolehkan masuk. Sementara pengunjung yang ingin berlibur ke pantai akan dialihkan ke jalur lain untuk menghindari kemacetan,” kata Wayan pada Minggu (29/9/2024).

Ia juga menyampaikan bahwa jalur menuju pantai akan ditutup setelah acara selesai guna menghindari kemacetan saat penonton MotoGP bubar.

“Kami akan menutup akses ke pantai dan mengarahkan kendaraan keluar melalui Masjid Nurul Bilad atau Pullman setelah event selesai,” tambahnya.

Wayan menjelaskan bahwa Polda NTB bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk memudahkan identifikasi warga lokal yang bisa melintas tanpa pemeriksaan ketat.

Di sisi lain, AKP Ritian Handayani, yang bertanggung jawab atas pengamanan di Green Gate, menjelaskan bahwa akses melalui gerbang ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki ID card atau stiker resmi.

“Green Gate hanya bisa diakses oleh pihak yang memiliki stiker official, marshal, atau volunteer. Kami melakukan penyekatan untuk memastikan tidak ada yang masuk tanpa izin resmi,” ujarnya.

Untuk mencegah parkir liar di sekitar sirkuit, rekayasa lalu lintas juga diterapkan.

“Kami menempatkan petugas di sepanjang jalan menuju sirkuit untuk memastikan tidak ada kendaraan yang parkir sembarangan. Parkir resmi tersedia di Gate 1, Gate 2, dan Gate 3. Kendaraan yang melanggar aturan parkir akan dikenakan tindakan tegas, termasuk penderekan,” tambah AKP Ritian.

Dengan pengamanan di Bundaran Mong dan Green Gate, Polda NTB memastikan MotoGP Mandalika 2024 berjalan lancar dan aman.

Penonton diimbau untuk mengikuti instruksi petugas dan tidak parkir sembarangan agar arus lalu lintas di sekitar area sirkuit tetap terkendali.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait