Sosok Muharlion, Pengajar yang Sukses jadi Ketua DPRD Kota Padang

Sosok Muharlion, Pengajar yang Sukses jadi Ketua DPRD Kota Padang

TOPSUMBAR – H. Muharlion, S.Pd, politikus dan juga kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kini menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Padang periode 2024 sampai dengan 2029.

Muharlion sudah empat kali terpilih menjadi anggota DPRD Kota Padang hingga periode 2024-2029 dengan perolehan suara terbanyak dengan 7.306 suara.

Pada Periode sekarang Muharlion pun mampu meraih kedudukan tertinggi di parlemen Kota Padang, yakni sebagai pimpinan definitif sebagai Ketua.

Bacaan Lainnya

Sosok Muharlion ini lahir dari keluarga petani sederhana pada 30 Januari 1978, di Tanjung Emas, Tanah Datar, Sumatera Barat.

Sebelum menjelajahi dunia politik, ia awalnya adalah seorang guru. Dilansir dari jawapos.com pada Rabu, 18 September 2024, Ia mengatakan bahwa ia pernah mengajar di dua sekolah di Kota Padang, yaitu di SMK Dhuafa hingga 2009 dan SMKN 10 Padang.

Selain mengajar, Muharlion juga masih aktif menjadi seorang dai sampai sekarang.

Ia memasuki dunia politik pertama kali pada Pemilihan Legislatif daerah pemilihan (Dapil) Koto Tangah pada 2009.

Perjalanan Pendidikan Muharlion dimulai dari ia Sekolah Dasar (SD) Inpres (1990), kemudian melanjutkan Pendidikan ke MTS Negeri Batusangkar (1993), kemudian dijenjang selanjutnya ke MA Negeri 2 Batusangkar (1996).

Pada 1996, ia melanjutkan Pendidikannya dengan masuk ke Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP Padang) yang kini menjadi Universitas Negeri Padang (UNP).

Pada saat masa kuliah, ia sempat menyambil sebagai guru Taman Pendidikan Alquran (TPA). Pada 2001, ia meraih gelar Sarjana Pendidikan.

Di partai PKS, ia menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Kota Padang periode 2020-2025.

Dilansir dari Wikipedia, Ia memiliki istri bernama Woro Supeni Widyastuti, istrinya berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil di BP4 Dinas Kesehatan Sumatera Barat.

Muharlion dan istrinya dikaruniai empat orang anak, yaitu Ahmad Musyaffa, Qonita Mardiyah, Dhayal Husna, dan Zahida Qalbinadzifah.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait