Sosialisasi 4 Pilar bersama Anggota DPD RI, Alirman Sori, Tegaskan Pentingnya Pancasila bagi Generasi Muda

Sosialisasi 4 Pilar bersama Anggota DPD RI, Alirman Sori, Tegaskan Pentingnya Pancasila bagi Generasi Muda

TOPSUMBAR – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang juga merupakan Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR RI, Alirman Sori menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR-RI.

Acara yang digelar di Aula Gubernuran Sumbar, Jalan Jenderal Sudirman Padang pada Sabtu, 21 September 2024 tersebut diinisiasi oleh MPR RI dan Gerakan Anti Narkotika DPD Sumatera Barat (Granat Sumbar).

Sosialisasi 4 pilar kebangsaan kali ini bertemakan “Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara UUD NRI 1945 sebagai Dasar Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara”.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat) Sumatera Barat (Sumbar), Peneliti Cetcos dan Dosen Sejarah UNP, Hendranaldi Guru, Siswa, Mahasiswa, dan undangan lainnya.

Sosialisasi tersebut secara langsung dibuka oleh Al Imran, Pengurus Daerah Jaringan Media Siber (JMSI) Sumbar yang juga bertindak sebagai Moderator.

Dalam arahannya, Alirman Sori menegaskan pentingnya peran Pancasila dalam membentuk karakter seseorang, termasuk dalam membentuk generasi muda.

Menurutnya, saat ini generasi muda sedang dihadapkan dengan berbagai kasus yang serius, salah satunya ialah narkoba.

“Saya sering bertanya bagaimana cara menyelamatkan generasi muda dalam menghadapi tantangan globalisasi yang sudah merasuk dalam kehidupan kita. Bahkan saat ini, kita tengah dihadapkan dengan pengaruh globalisasi yang mana masuknya budaya asing telah merasuk ke dalam jiwa generasi muda saat ini,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Satres Narkoba Kota Padang, 10 anak di Kota Padang telah terlibat dalam kasus peredaran narkoba.

Hal ini menjadi tantangan yang serius bagi para orang tua dan tokoh di lingkungan masyarakat.

Selain itu, Alirman Sori mengatakan bahwa kehidupan bernegara di Indonesia telah diatur dalam Pancasila.

“Rumusan sila-sila yang terdapat di Pancasila dituangkan dalam Undang-undang, itu secara Yuridis mengikat lembaga-lembaga Pemerintahan dan seluruh warga Indonesia,” ucapnya.

Oleh karena itu menurutnya, semua sila yang terdapat di dalam Pancasila harus diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mampu mengahdirkan raasa keamanan dan kenyamanan dalam bernegara.

Alirman Sori mengatakan bahwa untuk generasi muda saat ini, sudah selayaknya memahami Empat Pilar Kebangsaan sebagai visi menuju Indonesia Emas.

“Empat Pilar Kebangsaan itu mencakup Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, NKRI, serta Bhinneka Tunggal Ika. Maka, sudah selayaknya generasi muda memahami semua ini, agar tidak menjadi Indonesia Cemas tapi Indonesia Emas,” tambahnya.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait